4 Tips Penting Sebelum Memotret Momen Olahraga

Telset.id, Jakarta – Menghasilkan foto olahraga yang bagus bukanlah pekerjaan gampang. Sebab, momen olahraga biasanya hanya berlangsung sekejapan mata.

Untuk menghasilkan foto olahraga nan ciamik, Anda harus benar-benar siap, terutama dalam menyeting kamera serta menerapkan teknik fotografi.

Nah, guna membantu Anda agar sukses mengabadikan momen dramatis dalam olahraga, berikut empat 4 penting yang patut diperhatikan, yang sudah tim Telset.id rangkum berikut ini:

1. Pemahaman Jenis Olahraga

Seperti kata pepatah, “pengetahuan adalah kekuatan”.  Jika sudah memahami segala hal tentang olahraga yang akan dijepret, segalanya pasti berjalan lebih mudah. Anda jadi bisa mengantisipasi apa yang bakal mungkin terjadi. Anda tak perlu lagi berpikir keras untuk mendapatkan posisi terbaik dalam memainkan kamera.

So, untuk bisa memahami segala hal tentang olahraga yang akan diabadikan,  sebaiknya terlebih dahulu lakukan penelitian, baik dengan cara membaca maupun survei langsung ke lapangan.

2. Persiapan Fisik maupun Non-Fisik

Ketika berencana memotret momen olahraga, Anda kemungkinan besar akan berada di satu tempat dalam waktu lumayan lama. Fisik harus benar-benar fit.

Kemudian, jika Anda memotret dari pinggir lapangan, keberadaan kursi kecil menjadi sangat penting. Sebab, di tempat itu, Anda sudah pasti tidak bakal diizinkan berdiri sambil memainkan kamera.

Satu lagi, jangan lupa siapkan jas hujan supaya Anda tidak akan basah kuyup manakala hujan turun secara tiba-tiba. Bawa juga jaket tebal untuk menjaga suhu tubuh Anda.

3. Pengaturan Kamera

Semisal ingin menghasilkan foto berformat JPEG, Anda kami sarankan tetap memilih tangkapan mentah. Pasalnya, hal itu akan memberi Anda keleluasaan dalam pemrosesan cetak untuk mendapatkan hasil dengan ukuran yang cukup besar. Tangkapan mentah berguna pula saat pencahayaan yang dihasilkan lumayan rumit.

Kemudian, Anda jangan lupa mengubah mode tembakan kamera  single ke continuous. Dengan demikian, Anda bakal mempunyai banyak pilihan foto mengingat mode tembakan continous menghasilkan serangkaian hasil dalam satu momen.

Oh iya, ketika menyeting mode tembakan continous,  pilihlah menu Continuous AF sehingga kamera Anda memungkinkan untuk terus menyesuaikan fokus saat mengikuti subjek yang dibidik.

4. Gunakan Auto ISO

Auto ISO sangat berguna untuk memotret olahraga, terutama jika Anda mencoba menembak dengan kecepatan rana tertentu guna menangkap momen dalam situasi terjadi perubahan pencahayaan.

Apabila Anda memotret di stadion dalam kondisi setengah lapangan berada di tempat teduh dan separuh lainnya berada di bawah sinar matahari, pakailah ISO400. Kenapa? Ya, karena ISO400 dengan kecepatan rana 1/1250 detik bagus untuk menangkap momen di bawah sinar matahari yang terang. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here