Home HOW TO Cara Menambah RAM Oppo A74 Tanpa Root, Bisa Sampai 11 GB!

Cara Menambah RAM Oppo A74 Tanpa Root, Bisa Sampai 11 GB!

Foto: Oppo Indonesia

Telset.id – Oppo A74 merupakan salah satu smartphone RAM 6 GB yang menyuguhkan kinerja maksimal di kelasnya. Namun, berkat fitur RAM Expansion yang dihadirkan Oppo, pengguna bisa menambah kapasitas memori Oppo A74 sampai 11 GB dengan cara yang amat mudah dan tanpa root.

Beberapa waktu lalu, Oppo menggulirkan pembaruan sistem ColorOS 11.1 untuk seri Oppo A74. Dalam update OS tersebut, smartphone ini disematkan kemampuan baru bernama RAM Expansion.

Fitur ini mampu menambah kapasitas RAM ponsel tanpa aplikasi tambahan ataupun root. Cara kerja dari fitur ini pun terbilang sederhana.

RAM Expansion memanfaatkan ruang memori penyimpanan yang tak terpakai untuk menambah RAM ponsel yang sebenarnya. Berkat fitur ini, kinerja smartphone akan ditingkatkan dan mampu menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu dengan lancar.

{Baca juga: Oppo A74 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya}

Terdapat tiga pilihan yang bisa dipilih pengguna, mulai dari 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB. Dengan RAM bawaan berkapasitas 6 GB, fitur ini bisa membuat RAM ponsel meningkat sampai 11 GB.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur ini? Nah, tim Telset bakal memberikan tips berupa cara untuk menggunakan fitur RAM Expansion di Oppo A74. Yuk simak caranya di bawah ini!

Cara Menambah RAM Oppo A74

Sesuai namanya, fitur penambahan RAM di Oppo A74 memanfaatkan ruang penyimpanan yang kosong untuk dijadikan sebagai memori tambahan.

Sekadar informasi, Oppo A74 sudah dilengkapi dengan memori penyimpanan sebesar 128 GB berjenis UFS 2.1 yang bisa diperluas dengan microSD hingga 256 GB.

Nah, dengan RAM yang lebih besar, maka perangkat pun bakal lebih lancar untuk menjalankan lebih daru satu aplikasi secara bergantian. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk mengaktifkan RAM Expansion di HP Oppo terbaru:

  • Update ColorOS 11.1 di Oppo A74 Anda untuk mendapatkan fitur terbaru. Versi OS ini sendiri adalah CPH2219_11_A. 16.
  • Jika sudah, sekarang masuk ke SettingsAbout Phone dan pilih RAM.
  • Saat menu ini dipilih, akan langsung muncul tiga pilihan RAM Expansion yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Oppo A74.

  • Mulai dari 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB, bisa diatur sesuai keinginan dengan menggeser toggle.
  • Setelah menentukan besaran RAM, restart ponsel Anda.
  • Voila! Ketika Anda masuk ke About Phone, pada info RAM terdapat indikator 6.00 GB (+5.00 GB).

{Baca juga: Mengenal Snapdragon 480, Prosesor 8nm Bertenaga dari Oppo A74 5G}

Itu tadi cara untuk menggunakan fitur RAM Expansion di Oppo A74. Melalui fitur ini, smartphone Anda memiliki RAM 11 GB yang bikin segala aktivitas digital Anda makin lancar tanpa hambatan.

Untuk melihat tips dan trik lain seputar ponsel, PC, hingga konsol, Anda bisa mengakses kanal Telset How To. Semoga bermanfaat, sob! (MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version