Uni Eropa Bakal Pantau Dunia Usaha dengan Algoritma

Telset.id, Jakarta – Regulator Uni Eropa (UE) akan menghadirkan algoritma untuk mendeteksi persaingan usaha. Keputusan ini diambil setelah melihat ada persaingan tidak sehat dalam bisnis di kawasan UE.

Jika jadi dibuat, algoritma milik UE bakal punya kemampuan mengetahui perusahaan yang menggunakan perangkat lunak untuk manipulasi harga atau memeras pesaing bisnis.

Komisaris Persaingan Eropa, Margrethe Vestager mengungkapkan bahwa saat ini ada kegelisahan di kalangan regulator mengenai keberadaan algoritma yang memungkinkan bagi perusahaan untuk berkolusi tanpa perjanjian formal.

Penyelidikan Komisi Persaingan Eropa ke industri e-commerce pada tahun lalu menemukan fakta bahwa dua pertiga pengecer menggunakan algoritma untuk melacak harga di lapak pesaing.

Vestager pun menugaskan staf untuk menyelidikinya.”Melihat apa yang terjadi di sana, kami mulai berpikir untuk membuat algoritma sendiri. Tujuannya untuk menertibkan ketidakberesan yang ada,” ucapnya.

Keberadaan algoritma milik Komisi Persaingan Eropa berfungsi mendeteksi situasi pasar, apakah ada praktik manipulasi harga serta pemerasan oleh oknum terhadap pesaing bisnis.

“Bagi perusahaan yang diketahui berbuat kecurangan, kami akan secara tegas memberi hukuman. Kami tidak kompromi dengan segala praktik manipulasi maupun kolusi,” tegas Vestager seperti dilansir Reuters. [BA/IF]

Source Link

Related Articles

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -