Cara Menampilkan File yang Disembunyikan oleh Virus di Komputer

Telset.id, Jakarta – Virus merupakan salah satu software jahat yang diciptakan oleh para peretas untuk mengambil data atau merusak sistem operasi kita. Virus sendiri memiliki beberapa tingkat, mulai dari yang tidak berbahaya hingga yang sangat berbahaya.

Salah satu contoh virus yang tidak berbahaya adalah virus Shortcut, dimana virus ini hanya menyembunyikan data yang ada di dalam penyimpanan. Memang tidak berbahaya, namun virus ini cukup menjengkelkan.

Jika Anda memiliki antivirus di komputer, maka virus ini dengan mudah dapat dihilangkan. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki antivirus di komputer?

Eits, jangan khawatir karena solusi untuk menampilkan kembali data yang disembunyikan ternyata sangat gampang lho. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka Command Prompt (CMD).

Ada beberapa cara untuk membuka CMD, namun yang paling mudah adalah dengan menekan shortcut keyboard, yakni tombol Windows + R secara bersamaan. Setelah ditekan, akan muncul tab baru dan ketikkan cmd di tab tersebut. Lalu tekan OK.

Setelah itu, layar tampilan CMD di layar Anda. Eits, jangan panik dulu melihat tampilan yang sedikit sulit ini, karena penggunaannya cukup simpel.

Hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah menentukan lokasi dimana tempat penyimpanan dengan file yang telah disembunyikan oleh virus. Sebagai contoh, kali ini kami memiliki sebuah flashdisk yang terkena virus.

Cara menentukan lokasi flashdisk yang terkena virus dapat dilakukan melalui file explorer. Tepat di samping nama perangkat, ada huruf yang menjadi lokasi dari drive itu berada, misalnya di komputer kami terlihat TELSETID(G:).

Nah, huruf G ini lah yang menjadi lokasi keberadaan flashdisk tersebut. Setelah mendapatkan informasi ini, kita kembali ke layar CMD. Di layar CMD, Anda tinggal mengetikkan huruf dimana lokasi flashdisk Anda berada diikuti oleh titik dua(:), lalu tekan Enter.

Jika tampilan sudah seperti diatas, berarti Anda sudah masuk kedalam flashdisk yang terkena virus. Hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengetikkan kode attrib -s -h -r -a /s /d diikuti dengan Enter. Selanjutnya kita tinggal menunggu.

Setelah menunggu beberapa saat, maka semua file yang ada di flashdisk Anda secara otomatis akan muncul kembali. Nah bagaimana, mudah bukan? (NC/MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here