telset

Ini Browser Paling Boros Baterai Menurut Microsoft

Telset.id, Jakarta – Banyak sekali alasan yang diupayakan oleh Microsoft untuk membuat penggunanya berhenti menggunakan browser Chrome dan menyarankan browser milik mereka sendiri yaitu Edge.

Channel YouTube Microsoft Edge memperlihatkan video yang menggambarkan betapa “mengerikannya” Chrome bagi ketahanan baterai, dan sebaliknya betapa “menakjubkan” Microsoft Edge untuk ketahanan baterai.

Jika Anda menggunakan laptop dan juga menggunakan Chrome, maka Anda harus tahu bahwa browser ini sangatlah “haus” baterai. Memang sudah banyak ulasan mengenai perbandingan beberapa browser yang ada. Namun kebanyakan perbandingan tersebut tidak menyertakan video untuk kita agar benar-benar bisa mengetahui keaslian perbandingan tersebut.

Dalam video ini, terdapat empat browser yang diuji oleh Microsoft yaitu Edge, Firefox, Opera dan Chrome. Pengujian yang dilakukan adalah dengan streaming video kualitas HD selama berjam-jam.

Pada video tersebut, kita diperlihatkan ketahanan baterai masing-masing laptop yang menggunakan browser yang berbeda. Ini urutannya dari yang terburuk sampai terbaik:

  1. Chrome: 4:19:50
  2. Firefox: 5:09:30
  3. Opera: 6:19:33
  4. Edge: 7:22:07

Dengan kata lain, Edge 70% lebih lama “menghabiskan” baterai laptop daripada Chrome. Bahkan untuk menjalankan tugas non-video misalnyua, Microsoft mengklaim Edge lebih lama 36% hingga 53% dari browser lainnya.

Meskipun bisa saja kita menduga bahwa Microsoft “memanipulasi” kondisi untuk membuat Edge menang dari browser lainnya, namun kami telah mengujinya dengan menggunakan Surface Book dan hasilnya hampir identik dengan video.

Jika dilihat dari hasil ini, memang Microsoft Edge merupakan browser yang ramah untuk baterai namun memiliki performa yang sama baiknya dengan Chrome atau browser lainnya.[FHP/HBS]

SourceTNW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0