Ini Aplikasi Android Paling Rakus Baterai & Biang Lemot

Telset.id, Jakarta – Android menjadi sistem operasi favorit karena memiliki segudang aplikasi menarik yang bisa diunduh (secara gratisan). Namun tanpa disadari, aplikasi-aplikasi favorit justru banyak yang rakus baterai dan memori, sehingga membuat ponsel lemot.

AVG Technologies baru saja merilis laporannya dari hasil studi yang mengungkap aplikasi-aplikasi yang paling boros mengkonsumsi cache memori dan baterai ponsel. AVG mencatat bahwa aplikasi yang paling boros mengkonsumsi cache memori ponsel adalah Snapchat. Setelah itu posisi kedua ditempati Spotify, dan berikutnya LINE di ke-3.

Makanya jangan kaget jika selama ini Anda merasa performa ponsel sering lemot (lambat) setelah Anda sering menggunakan aplikasi Snapchat, chatting via LINE dan menikmati music streaming di Spotify.

Aplikasi Android boros memori

Laporan ini AVG ini juga menjelaskan kenapa Snapchat sangat boros memori, karena foto-foto Anda di Snapchat sebenarnya tidak sepenuhnya hilang, meskipun sudah tidak bisa diakses. Snapchat ternyata masih menyimpan file yang Anda kirim atau terima dalam format terenkripsi.

Jadi untuk sebagai gambaran, sebuah video berdurasi 10 detik yang Anda rekam lewat Snapchat telah mengkonsumsi cache memori aplikasi tersebut sebesar 11 MB. Bisa Anda bayangkan jika video yang Anda rekam jumlahnya banyak akan semakin menggerus memori ponsel Anda.

Aplikasi Android boros baterai

Sementara untuk kategori aplikasi yang paling rakus daya baterai, posisi pertama ditempati Samsung WatchON, kemudian (lagi) Snapchat ada diposisi kedua, dan Microsoft Outlook di peringkat tiga.

Temuan menarik lainnya yang dilaporkan AVG adalah, pengguna Android umumnya memiliki 33 macam aplikasi di dalam ponselnya. Sedangkan ponsel Android yang paling banyak dipakai adalah Samsung.

Dan khusus bagi Anda pengguna Spotify, jika Anda sering mendapati peringatan bahwa memori internal di ponsel tinggal sedikit, hal itu disebabkan oleh Spotify. Pasalnya, aplikasi ini membutuhkan cache yang besar untuk dapat menjalankan streaming dan menyimpan musik yang kemungkinan memakan memori ponsel Anda.[HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -