Categories: HOW TO

Ingin Berbagi Video Private di YouTube? Ini Caranya!

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id – Kita memang dibebaskan untuk mengunggah dan membagikan video di YouTube. Tapi, ada kalanya kita hanya ingin berbagi video private di YouTube ke beberapa orang yang dikenal saja. Lantas, bagaimana cara berbagi video private di YouTube?

YouTube sendiri memberikan opsi Private kepada pengguna. Opsi ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan video ke 25 orang saja, itu pun dengan menggunakan alamat email orang yang diizinkan dan tentunya mereka merupakan pengguna YouTube.

Nah, tim Telset akan memberikan cara bagaimana mengunggah video private dan cara bagaimana berbagi video private ke teman. Tak lupa, kami juga membagikan tips untuk mengubah video Public menjadi Private. Simak baik-baik ya!

Cara Unggah Video Private di YouTube

Untu mulai mengunggahnya, buka Youtube, dan klik Upload yang terdapat di pojok kanan atas layar Anda.

{Baca juga: 10 Situs Video Pesaing YouTube, Keren Wajib Dicoba!}

Di menu Upload ini, Anda dapat memasukkan video dengan menggunakan ikon Open atau hanya drag video tersebut ke layar YouTube.

Tepat di bawahnya terdapat menu dropdown yang diset Public, tekan menu tersebut dan pilih Private. Jika sudah diatur menjadi Private maka setiap video yang Anda unggah akan terus berstatus Private.

Untuk menambahkan orang yang diizinkan untuk melihat video Anda dapat menggunakan tombol Share Privately dengan mengetikkan alamat email orang yang diizinkan. Perlu diingat, hanya bisa menambahkan 25 orang saja dan email yang telah dimasukkan tidak dapat dikembalikan lagi.

Ketika selesai, klik Done dan video akan dibagikan ke teman Anda tersebut.

2. Cara Mengubah Video Menjadi Private

Jika sebelumnya Anda “rajin” mengunggah video ke YouTube dan ternyata Anda ingin mengubah beberapa video menjadi Private, klik tombol menu yang terdapat tepat di bawah logo YouTube (berbentuk 3 garis horizontal). Klik My Channel untuk mengakses pengaturan di halaman Channel Anda.

Anda akan melihat opsi Manage Videos. Klik tombol tersebut untuk masuk ke YouTube Studio.

{Baca juga: Cara Download Lagu MP3 di YouTube Tanpa Aplikasi}

Di halaman Channel Content, klik tombol dropdown pada bagian Visibility. Kemudian, tekan tombol Private dan klik tombol Save.

Nah, itu dia cara mudah untuk berbagi video private di YouTube dan bagaimana cara mengubah video menjadi private. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencobanya ya!

Leave a Comment