Facebook dan Qualcomm Ciptakan Teknologi Wi-Fi Super Cepat

Terragraph Project

Telset.id, Jakarta – Facebook mengajak Qualcomm untuk sama-sama mengembangkan suatu teknologi yang akan membuat pengiriman data melalui router menjadi lebih efisien, sekaligus dapat meningkatkan kecepatan internet.

Dilansir dari The Verge, proyek kerja sama antara facebook dan Qualcomm itu bernama Terragraph Project. Pengembangannya sebenarnya sudah dilakukan jauh-jauh hari, tepatnya saat Facebook mengumumkannya di gelaran Facebook Developer Conference pada 2016 silam.

Terragraph Project merupakan sebuah sistem nirkabel multi-node. Nantinya melalui teknologi tersebut, Facebook dan Qualcomm dapat membawa konektivitas internet berkecepatan tinggi ke daerah-daerah perkotaan yang padat penduduk.

Melalui kerja sama ini juga, chipset terbaru Qualcomm nantinya akan terintegrasi langsung dengan teknologi Terragraph Project.

Sehingga memungkinkan produsen perangkat teknologi untuk dapat meningkatkan kemampuan router ketika mengirimkan data di frekuensi 600 GHz. Integrasi itu juga bakal berdampak pada meningkatnya koneksi broadband ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca Juga: Ketersediaan Ponsel 5G Disebut Qualcomm Tinggal Tunggu Waktu

Node Terragraph Project

Juru bicara Qualcomm menyatakan bahwa Terragraph Project merupakan solusi untuk daerah pedesaan maupun perkotaan yang hanya memiliki koneksi Wi-Fi di wilayah tertentu. Diklaim Qualcomm, uji lapangan Terragraph Project akan dimulai pada pertengahan tahun depan meski kabar rilisnya belum terungkap.

Qualcomm sendiri saat ini telah mengumumkan kehadiran chipset 5G untuk produsen smartphone dan juga operator telepon. Dikabarkan, perusahaan chipset tersebut juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa produsen tertentu untuk menjadi yang pertama menerapkan jaringan 5G.

Rumor yang beredar, Nokia dan Samsung akan menjadi produsen ponsel pertama yang akan menggunakan chipset 5G buatan Qualcomm. Kabarnya, sampel chipset akan tersedia pada tahun depan sehingga ponsel berjaringan 5G baru bisa hadir setahun setelahnya. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here