telset

Cara Mudah Ubah HP Android jadi Modem Internet

Telset.id – Sering mengalami masalah pada modem atau WiFi router di rumah yang bikin Anda tidak bisa lagi browsing di internet dan main game online di PC atau laptop? Jangan khawatir, Anda tetap dapat terhubung ke internet dengan cara ubah HP Android Anda jadi modem.

Membuat ponsel Anda menjadi modem PC atau laptop merupakan cara yang tepat untuk menangani masalah pada modem atau WiFi router di rumah.

Nah, tentu Anda penasaran bagaimana cara ubah HP Android jadi modem internet yang berguna di kala WFH alias work from home ataupun untuk sekadar browsing dan juga main game online.

Oleh karenanya, dalam kesempatan kali ini tim Telset akan membagikan caranya untuk Anda. Dalam tips kali ini, kami menggunakan Oppo Reno4 F sebagai HP Android yang akan diubah menjadi modem internet. Yuk simak!

Cara Ubah HP Android jadi Modem

Setiap smartphone kini telah disematkan fitur tethering yang berguna untuk mengubah HP Android jadi sebuah modem. Lewat fitur ini, Anda sebagai pengguna dapat mengakses internet melalui PC atau laptop dengan menghubungkannya ke jaringan internet smartphone.

Pada umumnya, ada tiga metode tethering yang bisa Anda manfaatkan. Pertama, melalui WiFi Hotspot, lalu bisa juga dengan kabel USB, dan lewat Bluetooth.

{Baca juga: Cara Mudah Transfer Data Ponsel lama ke HP Oppo Terbaru}

Apabila Anda menggunakan WiFi Hotspot, maka jumlah perangkat yang dapat terhubung ke jaringan internet bisa lebih dari satu. Kencangnya kecepatan internet menggunakan metode ini tergantung dengan kinerja konektivitas dari smartphone yang Anda manfaatkan sebagai modem.

Oppo Reno4 F menggunakan prosesor MediaTek Helio P95. Selain menawarkan performa yang andal, prosesor ini pun mengintegrasikan modem 4G LTE WorldMode dengan 4×4 MIMO, 3CA, dan 256QAM yang memberikan kinerja konektivitas yang lebih andal, bahkan di ruang padat penduduk seperti stadion, pusat perbelanjaan, kantor, atau bandara.

Selain itu, prosesor MediaTek Helio P95 pada Oppo Reno4 F juga dilengkapi teknologi WiFi 5 yang andal dan Bluetooth 5 yang mulus dalam daftar fitur unggulannya.

Kedua teknologi ini menawarkan konektivitas yang cepat dan stabil, termasuk juga untuk urusan tethering. Selain WiFi Hotspot, HP Android juga bisa dijadikan modem melalui metode Bluetooth.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Metode ini memang punya kecepatan yang lebih lambat, namun memiliki sisi keamanan yang lebih baik dari dua metode lainnya.

Sementara jika menggunakan metode tethering via kabel USB, hanya bisa satu perangkat saja yang terhubung saja.

1. Metode WiFi Hotspot

Untuk mengubah HP Android seperti Oppo Reno4 F jadi modem internet, Anda bisa menggunakan fitur WiFi Hotspot. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Buka Settings, dan pilih Other Wireless Connections.

Cara Ubah HP Android jadi Modem

  • Kemudian, tekan Personal Hotspot.
  • Sekarang, ubah konfigurasi nama WiFi dan kata sandinya dengan memilih Personal Hotspot Settings.

  • Jika sudah, aktifkan toggle Personal Hotspot untuk menghidupkan fitur WiFi Hotspot.
  • Jangan lupa nyalakan koneksi internet Anda terlebih dahulu.

2. Metode Bluetooth

Metode kedua, pastikan dulu PC atau laptop Anda sudah mendukung fitur Bluetooth supaya jaringan internet bisa dikoneksikan. Berikut caranya:

  • Buka Settings, dan pilih Other Wireless Connections.
  • Kemudian, tekan Personal Hotspot.
  • Aktifkan toggle Bluetooth Tethering.

Cara Ubah HP Android jadi Modem

  • Lalu, koneksikan PC atau laptop Anda melalui Bluetooth.
  • Jika sudah, sekarang masuk ke Control Panel > Devices and PrintersDevices.
  • Klik kanan pada Oppo Reno4 F atau ponsel yang sudah dihubungkan via Bluetooth, kemudian pilih Connect Using Access Point.

Cara Ubah HP Android jadi Modem

3. Metode USB

Metode terakhir untuk ubah Oppo Reno4 F jadi modem adalah menggunakan kabel data USB. Berikut caranya:

  • Hubungkan smartphone Anda ke PC atau laptop menggunakan kabel USB bawaan.
  • Oppo Reno4 F sendiri sudah mendukung USB-C dengan kecepatan transfer data yang kencang.
  • Jika sudah, buka Settings, dan pilih Other Wireless Connections.
  • Kemudian, tekan Personal Hotspot.
  • Pilih USB Tethering. Otomatis, PC atau laptop Anda langsung terhubung ke internet.

Selesai! Mudah kan caranya, sob? Mulai dari sekarang, Anda bisa ubah HP Android menjadi modem internet apabila modem atau WiFi router di rumah lagi bermasalah. Selamat mencobanya! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0