Cara Ubah Arah Scrolling di App Drawer

App Drawer

Telset.id – Kebanyakan pengguna Android pasti menyukai App Drawer. Namun pada App Drawer di Android, tidak ada kemampuan untuk mengubah arah dari scrolling di App Drawer tersebut. Misalnya Nexus dengan Android 6.0 Marshmallow dan menggunakan Google Now Launcher, App Drawer yang bisa scrolling secara vertikal saja.

Beda halnya dengan Samsung Galaxy dengan TouchWiz-nya yang hanya bisa scrolling secara horizontal. Nah, yang dibutuhkan oleh para pengguna Android untuk App Drawer-nya adalah dapat memungkinkan penggunanya untuk scrolling secara horizontal maupun vertikal.

Satu-satunya cara untuk memungkinkan hal tersebut adalah dengan menginstall launcher pihak ketiga yang menawarkan pilihan horizontal atau vertikal pada App Drawer penggunanya.

{Baca Juga: 15 Emulator Android Terbaik dan Ringan untuk PC Windows}

Terdapat banyak launcher pihak ketiga yang memberikan kedua pilihan ini, salah satunya adalah Nova Launcher. Nova Launcher memiliki dua versi yaitu versi gratis dan Prime (berbayar), namun di tutorial yang akan Tim Telset.id berikan ini, kita bisa menggunakan versi gratisnya yang bisa diunduh di Google Play Store.

Ubah Arah Scrolling App Drawer dengan Nova Launcher

Berikut ini cara mengubah arah scrolling App Drawer dengan menggunakan Nova Launcher:

  • Jika sudah diunduh, jadikan Nova Launcher sebagai launcher default. Kemudian tekan dan tahan layar utama untuk memunculkan pengaturan dari launcher ini. Tekan tombol Settings, pada menu Settings, pilih opsi App & widget drawers.
  • Kemudian, pilih opsi App drawer style yang akan memunculkan menu popup berisi opsi untuk dapat memilih bagaimana arah scrolling yang ingin anda terapkan pada App Drawer.

{Baca Juga: 10 Aplikasi Screen HP Android Terbaik dan Gratis!}

  • Terdapat opsi Horizontal, Vertical dan List. Untuk opsi terakhir, arah scrolling-nya vertikal yang membedakan adalah tampilan dari aplikasi yang diatur sesuai abjad.

Itulah tutorialnya. Semoga membantu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here