Home HOW TO Cara Transfer Data ke HP Baru, Bisa untuk Android dan iPhone

Cara Transfer Data ke HP Baru, Bisa untuk Android dan iPhone

Telset.id – Cara transfer data ke HP Android maupun iPhone baru dibutuhkan oleh para pengguna yang baru saja membeli ponsel Android terbaru. Terkadang, butuh perjuangan berat untuk mentransfer seluruh data, termasuk ribuan gambar, kontak, dan file penting ke smartphone baru.

Apalagi, proses transfer data akan menjadi lebih sulit setelah pengguna memulai transformasi data lintas platform.

Namun demikian, ada beberapa alat dan utilitas yang akan memudahkan Anda melakukan transfer data dari HP Android lama ke baru dengan cara yang mudah.

Berikut ini tim Telset akan membeberkan tips untuk melakukannya. Dalam membuat cara transfer data dari HP lama ke Android baru, kami memanfaatkan aplikasi bernama PhoneTrans. Yuk simak selengkapnya!

{Baca juga: Cara Mudah Transfer Data Ponsel lama ke HP Oppo Terbaru}

Cara Transfer Data ke HP Android Baru

Sebelum itu, kami akan menjelaskan sedikit soal PhoneTrans. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memindahkan data hanya dengan beberapa ketukan saja. Anda tinggal menggunakan komputer dan laptop berbasis Windows atau macOS.

PhoneTrans memudahkan pengguna untuk mentransfer data dari ponsel berbasis iOS ke iOS, Android ke Android, iOS ke Android, maupun sebaliknya. Lebih dari 20.000 perangkat dan 32 tipe data didukung aplikasi ini.

Berbagai jenis data pun didukung oleh aplikasi ini. PhoneTrans membuat pengguna dapat transfer data berupa foto, musik, dokumen, dan format lain ke HP Android baru.

1. Mode Utama Aplikasi PhoneTrans

Ada tiga mode utama yang ditawarkan oleh PhoneTrans, yakni Quick Transfer, Phone Clone, dan Phone Merge untuk memudahkan proses bagi pengguna. Setiap opsi menyediakan cara berbeda untuk membuat cadangan dan mentransfer data Anda.

Quick Transfer: Mode sederhana namun paling banyak digunakan yang memungkinkan pengguna untuk transfer data ke HP Android atau iOS dengan cara yang cepat dan mudah.

Pengguna bahkan dapat memilih satu file atau tipe data tunggal untuk dipindahkan antara Android ke Android atau iOS ke Android dan sebaliknya. Mode ini mendukung 12 jenis data iOS dan 11 jenis data Android.

Phone Clone: Phone Clone akan membuat replika data dari satu perangkat ke perangkat lain. Namun, mode bekerja di sistem yang sama, yakni iOS ke iOS dan Android ke Android. Phone Clone membawa dukungan untuk 224 tipe data iOS dan 11 tipe data Android.

Phone Merge: Memungkinkan pengguna untuk menggabungkan data dari perangkat yang berbeda ke satu perangkat sistem yang sama. Phone Merge juga akan berfungsi Android ke Android dan iOS keiOS.

2. Fitur Lain Aplikasi Transfer Data PhoneTrans

Selain tiga mode di atas, ada beberapa fitur lainnya yang ditunjang oleh aplikasi PhoneTrans. Misalnya sjaa, pemulihan smartphone yang menjadi solusi untuk memigrasi semua data dari berbagai sumber ke perangkat.

PhoneTrans mendukung pemulihan dari data akun Google, data iCloud, perpustakaan iTunes, cadangan iTunes, dan cadangan PhoneTrans. Di antara semuanya, PhoneTrans Backup sangat efisien dan kompatibel dengan sebagian besar tipe data.

PhoneTrans juga menyediakan dua opsi backup, yakni Selective Backup dan Full Backup. Cadangan selektif akan mencadangkan jenis data tertentu, sedangkan opsi pencadangan penuh hanya berlaku untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad.

Tentu saja, fungsi utama dari PhoneTrans adalah memungkinkan pengguna transfer data aplikasi dari HP lama ke ponsel Android atau iOS baru dengan mudah.

{Baca juga: Cara Transfer Data P2P Pakai Realme Share, Dijamin Cepat!}

3. Cara Transfer Data dari HP Lama ke Baru

Nah, Anda tinggal ikuti saja cara dari kami untuk transfer data dari HP lama ke Baru menggunakan PhoneTrans. Cara ini bisa dilakukan juga untuk memindahkan data antar lintas platform.

Berikut panduan langkah demi langkah untuk mentransfer data menggunakan opsi di atas:

– Unduh PhoneTrans dari situs resmi. Kemudian, install aplikasi di PC atau laptop berbasis Windows maupun macOS.

– Buka aplikasi dan pilih dari opsi yang tersedia di sana. Ada opsi Phone to Phone Transfer, Phone Restore, Phone Backup, atau App Transfer.

– Untuk Phone to Phone Transfer, pengguna akan mendapatkan opsi Phone Clone, Quick Transfer, dan Phone Merge.

Tampilan aplikasi PhoneTrans

– Setelah memilih, pasang menggunakan kabel USB dan ketuk di masing-masing tombol untuk memulai pencadangan atau pemulihan.

– Demikian pula di opsi lain, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan menekan tombol yang sesuai.

Fitur Restore dan Backup di PhoneTrans

Nah, itu tadi tips berupa cara mudah dari kami untuk transfer data dari HP lama ke baru berbasis Android maupun iOS.

Anda dapat mengunduh PhoneTrans untuk menghemat waktu dan tenaga saat mengganti smartphone. PhoneTrans juga akan membantu Anda untuk membuat cadangan perangkat secara mudah. Selamat mencobanya! (SN/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version