telset

Cara Tambahkan Opsi Hibernate di Windows 10

Telset.id – Apakah Anda selalu harus menutup semua file dan program sebelum mematikan PC? Well, memang itu adalah hal standar yang harus kita lakukan sebelum mematikan PC, namun pada beberapa versi di Windows, Microsoft menawarkan kemampuan untuk dapat menggunakan Sleep dan Hibernate selain hanya menggunakan Shut down.

Di Windows 10, Microsoft memutuskan untuk tidak memasukkan mode Hibernate pada opsi Start > Power secara default. Namun kabar baiknya adalah kita bisa menambahkan mode tersebut pada opsi yang tadi disebutkan.

Apa itu Hibernate?

Sebenarnya mode Hibernate adalah perpaduan antara mode shut down dan sleep yang memang didesain untuk laptop. Ketika kita memerintahkan PC untuk Hibernate, file atau program yang terbuka akan tetap aman selagi PC mematikan dirinya sendiri. Jika kita menyalakannya kembali, semua pekerjaan atau program yang tadi sedang dibuka sudah siap menunggu Anda untuk digunakan kembali. Tidak seperti mode Sleep, mode ini sama sekali tidak menggunakan tenaga apapun, namun membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk memulainya kembali.

Menambahkan Mode Hibernate

Screenshot_1Untuk menambahkan mode Hibernate, masuk ke menu Start > Power, klik pada Cortana atau Search Box dan masukkan Power Options. Kemudian klik opsi yang namanya sama dengan yang kita ketikan.

Screenshot_2Ketika halaman Control Panels terbuka, pilih Choose what the power buttons does dari panel sebelah kiri.

Screenshot_3Kemudian kelik Change settings that are currently unavailable yang berada di atas layar.

Screenshot_4Sekarang scroll ke bawah hingga ke Shutdown settings, lalu klik checkbox Hibernate, kemudian klik tombol Save changes.

Screenshot_5Masuk ke Start > Power dan Anda akan menemukan opsi Hibernate.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0