5 Cara Stabilkan Ping Game Mobile di Smartphone

Telset.id – Bermain game di smartphone, tentunya sangat menyenangkan apalagi jika yang kita mainkan adalah game online yang sedang populer. Tetapi, acap kali permainan berubah jadi menyebalkan tatkala ‘Ping’ pada koneksi internet kita menjadi tinggi. Padahal Ping yang stabil sangat dibutuhkan saat bermain game mobile online.

Packet Internet Groper (PING) adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Dengan angka Ping yang ditampilkan, kita bisa melihat apakah koneksi internet kita sedang dalam kondisi baik atau tidak.

Jika koneksi internet kita sedang baik, maka angka Ping yang ditampilkan rendah. Sebaliknya jika Ping tinggi, maka koneksi internet kita sedang bermasalah.

Biasanya saat Ping tinggi, maka kita akan mengalami lagging saat bermain game mobile. Untuk itu, perlu cara-cara tertentu agar Ping internet tetap stabil saat bermain game mobile.

Nah, berikut ini tim Telset.id akan memberikan tips, lima cara agar ping stabil saat bermain game mobile. Simak tipsnya berikut ini!

{Baca juga: Cara Main PUBG di PC, Dengan atau Tanpa Emulator}

Pilih Kualitas Grafis lebih rendah

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat Ping internet menjadi stabil saat bermain game mobile di smartphone adalah demgan memilih kualitas grafis yang lebih rendah. Di game PUBG mobile misalnya, pilih kualitas grafis paling rendah yaitu smooth dan frame rate Extreme.

PUBG Mobile Smooth Extreme

Dengan kualitas grafis yg lebih rendah tentunya koneksi internet akan menjadi lebih baik, karena load grafis pada game jadi lebih rendah. Sehingga juga akan membuat ping internet menjadi stabil.

Gunakan DNS Changer

Menggunakan DNS changer juga akan mengubah ping internet menjadi stabil. Ada banyak aplikasi DNS changer yang bisa kamu install secara gratis.

Ping Stabil Game Mobile - DNS Changer

Salah satu pengaturan DNS yang paling aman dan cepat yaitu yg disediakan oleh Clodfare. DNS ini adalah 1.1.1.1. Kamu juga bisa mengatur DNS ini secara langsung melalui pengaturan koneksi network secara langsung tanpa menggunakan aplikasi.

Pilih Provider yang Bagus

Salah satu penyebab ping internet menjadi tinggi atau koneksi internet menjadi lambat, yaitu karena pada dasarnya penyedia layanan internet yang kamu gunakan tidak cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan internet kamu. Terutama saat kamu sedang bermain game mobile.

Ping Stabil Game Mobile - Provider

Apalagi jika kamu sedang berada di dalam gedung atau sedang berada di daerah yang terpencil, jauh dari pemancar jaringan. Untuk itu, pastinya kamu harus memilih provider selular yang paling stabil di lingkungan dan kondisi apapun

Gunakan Fitur Game Booster

Di beberapa smartphone terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur atau ruang khusus semacam Game Booster. Dengan fitur ini, smartphone akan diprioritaskan untuk kebutuhan bermain game.

Ping Stabil Game Mobile - Game Booster

Biasanya fitur ini akan melepas aplikasi yang berjalan di background, sehingga tidak membebani prosesor maupun jaringan internet. Aplikasi seperti sosial media misalnya, yang butuh terus untuk terkoneksi dengan internet. Dengan Game Booster, kamu bisa mematikan aplikasi tersebut, dan hanya fokus pada game yang dijalankan.

{Baca juga: Cara Mengatasi PUBG Mobile Force Close Sendiri}

Reset Jaringan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan ping internet yang stabil saat bermain game adalah dengan melakukan reset jaringan. Dengan mereset jaringan, diharapkan kamu bisa terhubung kembali dengan jaringan internet yang stabil.

Biasanya ketika kamu pergi keluar rumah, smartphone akan mencari sinyal internet dari BTS pemancar terdekat. Ketika sampai di rumah, bisa jadi sinyal smartphone masih terkunci pada di BTS pemancar yang lokasinya jauh, ataupun memiliki koneksi yang lemah.

Untuk melakukan reset jaringan cukup mudah. Bisa dengan mengaktifkan Airplane Mode selama beberapa saat lalu nyalakan kembali jaringan internet. Atau bisa dengan merestart smartphone anda. Dengan demikian, smartphone akan secara otomatis mencari sinyal selular terdekat dan terkuat.

Itulah tadi lima cara agar ping internet kamu tetap stabil saat bermain game mobile di smartphone. Semoga tips ini berguna ya Sob! [IR/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -