Cara Pantau Potensi Badai 28 Desember 2022 di Jabodetabek

Telset.id, Jakarta – Masyarakat dihebohkan dengan potensi cuaca badai yang terjadi di Jabodetabek pada hari ini tanggal 28 Desember 2022. Dalam mempersiapkan diri menghadapi potensi badai, masyarakat bisa pantau potensi badai di Jabodetabek melalui SADEWA BRIN.

Informasi perihal potensi badai diungkapkan oleh peneliti klimatologi BRIN Erma Yulihastin melalui akun Twitter pribadinya @EYulihastin pada Senin (26/12/2022). Erma mengatakan kalau bakal terjadi hujan ekstrem hingga badai dahsyat di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Potensi Banjir Besar Jabodetabek. Siapapun Anda yg tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” tulis Erma.

Dikatakan pula kalau badai dahsyat dari laut akan dipindahkan ke darat melalui dua jalur. Pertama jalu barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut. Kedua dari utara melalui angin permukaan yang kuat.

“Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022,” sambungnya.

BACA JUGA:

Pernyataan berbeda diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto memprediksi kalau cuaca pada 28 Desember 2022 bukan badai, melainkan hujan dengan intensitas sedang dan lebat.

“Berdasarkan Prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai,” bantah Guswanto.

Cara Pantau Potensi Badai di Jabodetabek

Pernyataan Erma Yulihastin mengenai potensi badai pada tanggal 28 Desember 2022 merujuk pada data yang diungkap oleh Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA) milik BRIN.

SADEWA BRIN merupakan merupakan sistem informasi peringatan dini bencana. SADEWA BRIN didukung teknologi satelit yang dilengkapi oleh sensor-sensor terestrial, sehingga mampu memberikan informasi seputar pergerakan angin secara real-time.

Bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai potensi badai pakai SADEWA BRIN, berikut ini cara pantai potensi badai di situs SADEWA BRIN.

BACA JUGA:

  • Buka situs https://sadewa.brin.go.id/sadewabgr/ di smartphone atau laptop Anda. Lalu klik ikon kaca pembesar di sebelah kiri.

Cuaca Badai SADEWA BRIN 1

  • Berikutnya tulis lokasi tempat Anda tinggal dan klik Enter.

Cara Pantau Badai SADEWA BRIN 1

  • Akan muncul lingkaran merah yang menunjukkan posisi lokasi yang Anda maksud. Dari lingkaran merah itu, atur posisi peta sesuai area yang ingin dipantau menggunakan fitur zoom in atau zoom out, supaya tampilan peta lebih akurat.
  • Kemudian lihat menu Prediksi, lalu tekan tombo Hujan.

Badai 28 Desember 2022

  • Nantinya SADEWA akan menjalankan simulasi potensi hujan dalam 24 jam, dan Anda akna melihat apakah wilayah Anda bakal diterpa badai atau tidak.

Oke itu tadi informasi seputar cara pantau potensi badai pada tanggal 28 Desember 2022 di Jabodetabek menggunakan situs SADEWA BRIN. Semoga bermanfaat sehingga Anda bisa melakukan pencegahan menghadapi potensi cuaca badai ini. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0