Cara Pakai Fitur Safety Check Facebook, Bisa Bantu Korban Bencana

Telset.id – Facebook memiliki fitur Safety Check yang hadir untuk membantu penanganan bencana di suatu negara. Terkini, fitur Safety Check Facebook juga dapat digunakan untuk bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur.

Seperti diketahui bahwa Senin kemarin terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo (M) sebesar 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa tersebut membuat 2.272 rumah rusak dan 5.389 mengungsi.

Menurut data update terakhir yang kami dapatkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga pukul 17.00 WIB Selasa (22/11/2022), jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022), telah mencapai 268 orang.

Sementara berdasarkan data masyarakat yang mengungsi berjumlah 58.362 orang, korban luka-luka 1.083 orang, dan kerusakan infrastruktur seperti rumah rusak total berjumlah 22.198 unit.

BACA JUGA: 

Bencana gempa tersebut, pastinya membuat orang-orang khawatir dengan kondisi teman atau kerabat mereka yang berada di Cianjur. Sementara itu, mereka yang berada di Cianjur, kerap kali kesulitan untuk memberikan informasi mengenai kondisinya terkini.

Oleh karenanya, Facebook sejak tahun 2015 telah memiliki fitur Safety Check. Melalui fitur ini pengguna bisa memberikan informasi terkini mengenai dirinya, apabila berada di kawasan bencana alam.

Di sisi lain, pengguna Facebook lainnya bisa menawarkan bantuan kepada masyarakat terdampak sehingga evakuasi dan pemulihan pasca bencana bisa berlangsung lebih maksimal.

Cara Pakai Fitur Safety Check Facebook

Fitur Facebook Safety Check, bisa digunakan untuk memberikan 3 informasi yang berbeda. Untuk mengabarkan ke teman atau keluarga yang terhubung di Facebook, kalau Anda selamat dari gempa.

Kedua untuk memberikan informasi kalau Anda membutuhkan bantuan, dan ketiga bisa juga apabila ingin menawarkan bantuan. Tim Telset akan memberikan tutorial lengkapnya  untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Cianjur.

  • Buka aplikasi Facebook dan pilih ikon garis 3 yang berada di bagian kanan.

Fitur Facebook Bencana Alam

  • Pilih menu Sumber Informasi Komunitas yang memiliki ikon kedua tangan yang sedang menjabat.

Gempa Cianjur

  • Klik menu Penanggulangan Krisis.

Facebook Gempa Cianjur

  • Akan muncul informasi mengenai bencana gempa bumi Cianjur dan Sukabumi. Pilih Cari atau Tawarkan Bantuan, untuk meminta bantuan.

informasi penanggulangan krisis

  • Pilih Minta Bantuan dan lengkapi data mengenai jenis postingan, serta tulis bantuan apa yang diminta. Langkah terakhir klik Posting dan informasi akan diposting di akun Facebook Anda.

Cara Safety Check Facebook 2

  • Sedangkan kalau Anda ingin menawarkan bantuan kepada warga terdampak bisa pilih Tawarkan Bantuan, lengkapi data yang ada serta pilih Posting.

Cara Menawarkan Bantuan Safety Check Facebook

  • Adapun untuk memberi kabar kalau kondisi selamat, di menu Penanggulangan Krisis, dan pilih Pelajari Selengkapnya.

Safety Check Facebook

  • Klik Saya Selamat atau Saya Tidak Terdampak, untuk membuat postingan berupa informasi kalau diri kita selamat.

Fitur Bencana Penanggulangan Krisis

BACA JUGA: 

Semoga saja informasi ini bermanfaat untuk membantu saudara-sudara kita di Cianjur yang sedang tertimpa musibah gempa bumi. Pastikan untuk menggunakan fitur ini sebaik-baiknya, demi mempermudah evakuasi korban bencana. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0