HOW TO

Cara Termudah Stem Gitar di HP Android, iOS, PC & Laptop

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Buat Anda yang bingung bagaimana cara stem gitar, coba saja fitur terbaru bernama Google Tuner yang bisa diakses di HP Android, iOS, PC, ataupun laptop. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyetem suara gitar dengan mudah.

Selama ini menyetem gitar merupakan kegiatan yang sulit. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali belajar gitar. Pasalnya Anda butuh kepekaan terhadap nada sehingga bisa menyetel setiap senar di alat musik petik yang satu ini.

Bagi yang tidak bisa menyetem gitar, Anda biasanya menggunakan perangkat atau aplikasi bernama tuner. Aplikasi ini dapat membantu untuk menyesuaikan nada keenam senar jadi lebih pas sesuai dengan jenis senar tersebut.

Baca juga: 4 Fitur Baru Hadir di Google Maps

Sayangnya aplikasi tersebut harus Anda unduh di HP. Alhasil Anda harus memiliki kapasitas memori HP yang cukup untuk mengunduh aplikasi. Hal ini pasti sangat menyusahkan dan untuk itu solusinya adalah Google Tuner.

Google Tuner membantu pengguna untuk stem senar gitar sekaligus menyelaraskan nada agar tidak fals saat dimainkan.

Sekilas, fitur ini mirip dengan aplikasi tuning gitar di Android pada umumnya. Saat Anda memainkan senar gitar, nantinya akan muncul informasi mengenai jenis nada yang dikeluarkan dan apakah nada tersebut sesuai atau tidak. 

Selanjutnya Anda tinggal mengatur senar supaya bisa mencapai nada yang diinginkan. Namun, karena fitur stem gitar Google ini menggunakan mikrofon perangkat HP dan PC, maka efektivitas Google Tuner bergantung pada kualitas mikrofon Anda. 

Cara Stem Gitar dengan Google Tuner

Cara menyetem gitar dengan Google Tuner tidaklah sulit. Apalagi fitur untuk stem gitar ini tersedia untuk HP Android dan iOS, PC, atau laptop. 

Baca juga: Cara Blokir Pengguna di Google Drive

  • Silakan buka Google Search dan tulis Google Tuner di kolom pencarian.
  • Nantinya akan muncul bar tuner, dan Anda diminta untuk menekan ikon mikrofon di bagian tengah fitur.

  • Berikan akses mikrofon kepada Google untuk menjalan fitur ini.

  • Dekatkan senar gitar Anda, ke bagian mikrofon dan Anda bisa melakukan penyeteman. Anda tinggal mengikuti bar dan informasi nada di dalam fitur untuk mendapatkan nada yang diinginkan.

Demikian informasi lengkap mengenai cara menyetem gitar lewat Google Tuner. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment