HOW TO

Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC/Laptop Windows 11

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id – Salah satu fitur utama yang dibawa Windows 11 adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android di PC/laptop dengan cara yang amat mudah. Keunggulan tersebut sudah dirilis oleh Microsoft, meski hanya untuk pengguna terbatas saja.

Microsoft baru saja merilis preview pertama dari dukungan aplikasi Android untuk Windows terbaru. Dukungan terhadap aplikasi Android ini dihadirkan berkat kerja sama Microsoft bersama Amazon dan Intel.

Lewat fitur ini, pengguna dapat menjalankan aplikasi Android di PC/laptop dengan cara yang amat mudah. Akan tetapi, fitur ini untuk sementara cuma tersedia bagi pengguna yang mengikuti program Windows 11 Insider Beta Channel saja.

Dilansir Telset dari Techviral pada Senin (25/10/2021), dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan lengkap cara untuk membuka aplikasi Android di PC atau laptop Windows dengan mudah. So, simak terus langkah-langkahnya ya!

Baca juga: Cara Update Gratis ke Windows 11

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11

Sebelum masuk ke topik utama, ada beberapa hal tentang persyaratan minimum Windows 11 yang harus Anda penuhi untuk dapat membuka aplikasi Android di PC/laptop dengan Windows terbaru. Berikut rincian lengkapnya:

  • Pastikan Anda terdaftar di program Windows 11 Insider Beta Channel.
  • Build sistem operasi harus minimal 22000.xxx.
  • Region PC Anda wajib Amerika Serikat atau United States.
  • Aplikasi Microsoft Store harus versi 22110.1402.6.0 ke atas.
  • Fitur Virtualization diaktifkan.
  • Wajib memiliki akun Amazon untuk mengakses Amazon App Store. Kami sarankan Anda untuk menggunakan aplikasi VPN dan mengaktifkan region AS agar aplikasi dapat berjalan semestinya.

Baca juga: 15 Emulator Android Ringan Terbaik untuk PC

Apabila semua persyaratan telah terpenuhi, berikut cara lengkap menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop berbasis Windows 11:

  • Pertama, akses situs Microsoft Store untuk download Windows Subsystem for Android. Tekan tombol Get untuk mengunduhnya.

  • Jika seluruh proses instalasi telah dijalankan, Anda akan diminta untuk download Amazon Appstore. Tekan tombol Download pada menu yang tampil di layar Anda.

  • Kemudian, buka aplikasi tersebut. Sekarang login menggunakan akun Amazon Anda. Pastikan, akun tersebut berbasis di Amerika Serikat agar aplikasi bisa berjalan dengan maksimal.

  • Ada banyak aplikasi Android yang tampil di sini. Seperti Google Play Store, Anda bisa mencari aplikasinya dan download sesuai keinginan dengan menekan tombol Get.

Selesai! Sekarang Anda sudah bisa menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop Windows 11 dengan cara yang mudah. Anda dapat melihat tips dan trik lainnya di kanal Telset How To. Selamat mencobanya ya, sob! (MF)

Leave a Comment