7 Cara Mengatasi Force Close di Aplikasi Android

Telset.id, Jakarta – Sebagai pengguna smartphone Android pasti pernah mengalami masalah force close pada aplikasi Android. Mereka menanyakan bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar sendiri. Nah, kami akan kasih tips cara mengatasi force close di Android.

Bagi sebagian, ini mungkin membuat bingung. Tapi tak usah khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah aplikasi keluar sendiri.

Salah satu masalah yang sering menimpa para pengguna smartphone Android adalah munculnya pesan “Unfortunately…(nama aplikasi) has stopped” dan force stop ketika sedang menjalankan aplikasi atau bermain game.

Dengan terpaksa, kita pun harus menekan tombol Ok dan otomatis aplikasi akan tertutup. Hal ini tentu sangat menganggu bukan? Jika Anda pernah mengalami masalah tersebut, solusinya sebenarnya sangat mudah.

Kali ini tim Telset.id akan berbagi cara untuk  mengatasi Force Stop di Android. Tapi sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya masalah.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Penyebab Terjadinya Force Close di HP Android

Cara Mengatasi Force Close android aplikasi keluar sendiri
Aplikasi Android Force Close

Berikut ini adalah sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya force close di aplikasi Android. Kira-kira apa saja ya?

Aplikasi yang Bermasalah

Penyebab force close pada aplikasi Android bisa jadi disebabkan karena aplikasi itu sendiri yang bermasalah. Mungkin aplikasi memiliki bug yang mengganggu pengalaman pemakaian pengguna.

Jika ini masalahnya, maka solusinya adalah dengan melakukan update ke versi aplikasi baru yang tersedia. Apabila belum ada update, sebaiknya Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut atau malah bisa langsung menghapusnya saja.

RAM yang Kepenuhan

Penyebab HP force close berikutnya bisa jadi karena RAM yang penuh. Jika smartphone Android Anda memiliki RAM yang kecil dan Anda membuka banyak aplikasi, besar kemungkinan bahwa aplikasi akan mengalami force close.

Banyaknya aplikasi yang berjalan membuat RAM tidak akan mampu menampung semua aplikasi yang dibuka.

{Baca Juga: Cara Menghapus Akun Google di HP Android, Wajib Tahu!}

File Cache yang Menumpuk

Banyaknya file cache atau file sampah yang tidak terpakai juga bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi menjadi force close. Disarankan untuk rutin membersihkan cache di ponsel agar tidak menumpuk dan mengganggu kinerja ponsel.

Cara Mengatasi Force Close di Aplikasi Android

Setelah mengetahui apa penyebab aplikasi keluar sendiri, Anda tak perlu khawatir karena banyak solusi yang tersedia. Bagaimana cara mengatasi force close? Yuk langsung simak cara mengatasi HP sering force close di bawah ini.

Sebagai catatan, tutorial yang ada di artikel ini kami buat dengan menggunakan smartphone Xiaomi. Kurang lebih tidak akan jauh berbeda dengan cara mengatasi aplikasi sering keluar sendiri di smartphone lainnya.

1. Clear Data dan Cache Aplikasi

Cara mengatasi HP keluar sendiri dari aplikasi yang pertama adalah menghapus cache. Berikut langkahnya:

  • Pertama yang harus dilakukan ketika mengalami kejadian seperti itu, masuk ke bagian Settings.
  • Kemudian, buka Installed Apps dan buka informasi aplikasi yang sebelumnya mengalami masalah “Force Stop”.
  • Selanjutnya, pada informasi aplikasi force close Android tersebut, tekan tombol Clear Data dan Celar Cache.
    cara mengatasi force close
  • Namun perlu diingat sebelumnya, dengan menekan kedua tombol tersebut, otomatis semua data pada aplikasi akan terhapus. Jadi jika bisa, sebaiknya backup terlebih dahulu data Anda.

2. Reboot Smartphone

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri berikutnya adalah dengan melakukan reboot atau restart smartphone Anda. Dengan cara ini smartphone akan kembali segar dan bisa mengatasi masalah aplikasi sering force close.

3. Update Sistem Operasi Smartphone

Cara mengatasi aplikasi force close berikutnya Anda bisa coba melakukan update sistem operasi smartphone Android yang Anda gunakan. Update OS ini pastinya menambal bug dan juga menghadirkan pembaruan agar smartphone bisa berjalan dengan optimal.

Jika sudah ada update tersedia, jangan ragu untuk melakukan pembaruan. Anda bisa mengecek apakah ada update yang tersedia melalui Pengaturan > Pembaruan Sistem > Periksa Pembaruan.

4. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Force close pada aplikasi mungkin bisa terjadi karena ada masalah di aplikasi. Maka dari itu Anda bisa mencoba melakukan update aplikasi ke versi terbaru.

Dengan melakukan update ke aplikasi terbaru, kemungkinan besar permasalahan atau bug yang ada di aplikasi versi lama sudah diperbaiki. Sehingga Anda tidak akan lagi merasakan permasalahan serupa.

Untuk melakukan update, Anda tinggal menuju Google Play Store. Jika pembaruan aplikasi tersedia, maka segera perbarui versi aplikasi tersebut.

5. Hapus Aplikasi dan Install Ulang

Cara selanjutnya adalah Anda bisa mencoba menghapus aplikasi Android yang bermasalah tersebut. Eits.. jangan khawatir, setelah dihapus Anda bisa kembali memasangnya dengan mengunduhnya langsung dari Google Play Store.

Diharapkan dengan pemasangan aplikasi yang baru bakal membuatnya dapat berjalan dengan normal seperti sedia kala.

Baca Juga: Cara Buka Situs yang Diblokir Tanpa VPN di PC dan HP

6. Lakukan Factory Reset

Jika cara di atas tidak ada yang berhasil, Anda bisa mencoba melakukan factory reset. Namun perlu digarisbawahi, cara ini sedikit berisiko karena akan menghapus semua aplikasi dan data yang ada di smartphone.

Sebelum melakukan factory reset, jangan lupa lakukan backup pada data-data yang ada di smartphone. So, berikut cara untuk melakukan factory reset.

  • Buka Settings atau Pengaturan
  • Pilih Additional Settings

mengatasi aplikasi keluar sendiri

  • Gulirkan ke bagian bawah hingga Anda menemukan Factory Reset

mengatasi force close aplikasi keluar sendiri

  • Selanjutnya pilih Erase Data
  • Jika Anda sudah yakin, pilih Next dan proses factory reset akan mulai dilakukan

mengatasi aplikasi keluar sendiri

  • Tunggu prosesnya sampai selesai

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Android Sekaligus Lewat Play Store

7. Waktunya Ganti Smartphone

Apabila cara di atas tidak juga berhasil, mungkin ini sudah waktunya Anda untuk mengganti smartphone. Jika smartphone lama Anda memiliki RAM yang kecil, Anda bisa mengganti smartphone dengan kapasitas  yang lebih besar.

Mungkin Anda bisa memilih smartphone baru yang memiliki RAM dengan kapasitas di atas 2 GB untuk bisa mendapatkan performa yang lebih optimal dari sebelumnya.

Demikian cara mengatasi masalah force close di aplikasi Android. Semoga bisa menjadi solusi untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (HR/IF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0