15 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy S6

Salah satu kelemahan pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge adalah baterai tidak dapat dilepas dan berarti Anda akan menikmati ukuran baterai 2600mAh tanpa bisa diganti.

Menurut pengalaman penggunaan Galaxy S6 akan puas menikmati rata-rata 14 sampai 18 jam masa pakai baterai. Namun, seperti dengan smartphone Android kebanyakan ini tidak jaminan kalau pengaturan yang Anda lakukan kurang diperhatikan, karena ada beberapa pengaturan yang membuat daya tahan baterai menjadi boros.

Berikut kami memiliki beberapa cara menghemat baterai Samsung S6 yang bisa Anda coba;

1. Display Brightness

cara menghemat baterai samsung s6 brightnesscara menghemat baterai samsung s6 brightness2

Cara menghemat baterai Samsung S6 yang pertama adalah brightness. Pengaturan kecerahan layar dan ini membuat perbedaan besar untuk masa hidup baterai Anda. Faktanya semakin kecerahan layar diatur maksimal maka daya tahan baterai akan otomatis berkurang.

Bagi kami pengaturan kecerahan layar cukup antara 40% sampai 60%, ini akan membuat keseimbangan sempurna antara kecerahan layar dan daya tahan baterai, tetapi ini semua tergantung Anda sebagai pengguna. Anda dapat mencoba mengurangi screen time-out dan mengubah tampilan lainnya di Setting>Display.

{Baca Juga: Perbandingan Samsung Galaxy S21 vs Galaxy S20: Bagus Mana?}

2. Matikan Auto Brightness

Masih berlanjut dari cara nomor satu, Anda juga bisa menghemat baterai dengan mematikan fitur Auto Brightness.

Ya, walaupun cukup membantu untuk melihat layar di berbagai suasana pencahayaan, fitur ini cukup memakan daya baterai, lho. Karena itu, lebih baik mengatur brightness secara manual, ya.

3. Power Saving Mode

Anda bisa menyalakan Power Saving Mode untuk menghemat daya baterai Samsung Galaxy S6. Fitur ini juga bisa dinyalakan otomatis ketika daya baterai sudah rendah.

4. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Meskipun membuat layar smartphone jadi lebih hidup dan menarik, fitur Live Wallpaper justru bisa menguras daya baterai Samsung Galaxy S6.

Untuk lebih menghemat daya tahan baterai, gunakanlah wallpaper statis atau wallpaper biasa.

5. Smart Network Switch

Smart Network SwitchSmart Network Switch2

Smart Network Switch merupakan fitur baru Samsung yang hadir dibeberapa generasi terakhir dari Galaxy, dan itu berdampak baik dan buruk. Yang baik, Anda akan dipermudah ketika ada perpindahan sinyal dari jaringan mobile ke WiFi atau sebaliknya. Atau secara otomatis akan berpindah tergantung sinyal yang kuat yang mana ketika Anda mengakses data.

Dampak buruknya, efek dari perpindahan itu membuat data tahan baterai gampang terkuras.

Buat kami, fitur ini kami non-aktifkan dan sering menggunakan jaringan 4G LTE yang sudah ada. Sedangkan untuk dirumah yang tersedia jaringan WiFi, tentunya  kami menggunakannya jaringan WiFi.

6. Ganti Theme

Cara hemat baterai Samsung Galaxy S6 selanjutnya adalah dengan mengganti theme atau tema smartphone Anda. Tak hanya memberi tampilan baru, Anda juga bisa menyimpan daya baterai, lho.

7. Hindari Buka Terlalu Banyak Aplikasi

Salah satu penyebab baterai Samsung Galaxy S6 (dan mungkin juga smartphone lainnya) cepat habis dan boros adalah terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu waktu. Karena itu, perhatikan aplikasi apa saja yang dibuka di background.

Anda juga bisa melihat aplikasi apa yang paling menguras baterai. Caranya, buka menu Settings –> Battery. Lalu, cek Battery Usage. Di sana Anda dapat melihat data penggunaan baterai untuk semua aplikasi yang ada.

Setelah mengetahuinya, Anda bisa meng-uninstall aplikasi tersebut atau mengatur lama penggunaannya.

{Baca Juga: Trik Hadirkan “Samsung DeX” di Smartphone Android}

8. Pengaturan WiFi

Smartphone Samsung Galaxy S6 biasanya diatur untuk aktif mencari jaringan WiFi yang ada di tempat Anda berada secara default. Fitur ini sebenarnya cukup memakan daya baterai dan membuatnya jadi boros.

Untuk menghemat baterai Samsung Galaxy S6 Anda, sebaiknya matikan fitur otomatis ini dan nyalakan fitur scanning secara manual hanya saat hendak digunakan.

Anda bisa masuk menu Settings –> WiFi –>More –> Always allow scanning. Kemudian, nyalakan opsi Scan only while WiFi is On.

9. Android Location

Android Location

Android Location2

Salah satu masalah terbesar di semua smartphone Android adalah ketidakmampuan platform Android mengelola lokasi secara efisien tanpa mempengaruhi daya tahan baterai. Untungnya ada sejumlah pilihan untuk membantu mempertahankan daya tahan baterai. Anda bisa mengatur beberapa pengaturan ini:

  1. GPS, WiFi dan jaringan mobile
  2. WiFi dan jaringan mobile
  3. Hanya GPS.

Android Location3

Ketika Anda mencoba untuk menghidupkan baik yang pertama atau pilihan kedua, Anda akan disambut dengan prompt dari Google untuk “Meningkatkan akurasi lokasi”.

Pilihan berarti bahwa data lokasi anonim sporadis dapat dikirim ke Google bahkan ketika tidak ada aplikasi yang berjalan, dan sebagai hasilnya, ini dapat memiliki dampak besar pada kehidupan baterai Anda, terutama ketika menggunakan Google Now atau widget yang bergantung pada lokasi.

{Baca Juga: 7 Berita Smartphone Paling Hot: Trio Samsung Galaxy S21 Dirilis}

10. Matikan Mode Wakelocks

Mode Wakelocks memungkinkan aplikasi untuk memaksa smartphone Anda untuk aktif. Hal ini dapat membuat penggunaan daya baterai menjadi boros.

Untuk lebih menghemat baterai Samsung Galaxy S6 Anda, matikan aplikasi yang menyebabkan Wakelocks atau atur menjadi mode hibernasi. Anda bisa  menggunakan beberapa aplikasi, misalnya Greenify.

11. Nonaktifkan Fitur Motions and Gestures

Fitur Motions anda Gestures memungkinkan smartphoone Anda menerima perintah berupa gerakan atau gestur khusus yang diterima di layar. Salah satu contohnya adalah untuk menolak panggilan telepon.

Aktifnya fitur ini bisa membuat daya baterai Anda boros. Karena itu, sebaiknya matikan fitur ini untuk lebih menghemat baterai.

12. Pakai Wallpaper Gelap

Menggunakan wallpaper berwarna gelap ternyata bisa membantu untuk menghemat baterai Samsung Galaxy S6. Hal ini dikarenakan penggunaan layar AMOLED pada jajaran smartphone Samsung Galaxy yang lemah terhadap warna cerah.

13. Nonaktifkan Fitur Smart Stay

Fitur Smart Stay pada Samsung Galaxy sangat membantu Anda yang suka membaca agar smartphone tetap menyala selama mata masih menatap layar. Meski begitu, fitur ini juga memakan cukup banyak daya baterai. Karena itu, lebih baik dimatikan saat tak digunakan.

14. Google Sync Service

Google Sync Service

Google Sync Service2

Cara hemat baterai Samsung S6 selanjutnya yakni mengatur Google Sync Service. Anda dapat menambahkan akun Google dan sync kesemua layanan, tapi bagaimana kalau Anda memiliki Banyak akun untuk di Sync.

Ada baiknya ketika Anda menambahkan akun kedua, akun ketiga bahkan lebih, semua layanan sync dimatikan dan hanya tersisa akun Google saja. Untuk mematikan layanan sync, ke Settings dan kemudian pilih pada Account.

{Baca Juga: Review Samsung Galaxy A02s: Baterai Besar Tahan Lama}

15. Bloatware

Bloatware

Bloatware2

 

 

 

 

 

 

 

 

Tips terakhir, Galaxy S6 hadir dengan beberapa aplikasi bawaan. Ada baiknya matikan aplikasi yang benar-benar Anda tidak butuhkan. Hal ini untuk menghilangkan beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar. Dan ini tentunya juga akan menghemat daya tahan baterai Anda.

Dari berbagai cara menghemat baterai Samsung S6 di atas tentunya bukan jaminan untuk menghemat baterai Anda secara signifikan. Akan tetapi ini upaya supaya Anda tidak melakukan pengisian baterai berulang kali dalam satu hari.

Buat kami ini tidak masalah mengisi berulang kali pasalnya Galaxy S6 dilengkapi dengan fitur Fash Charging yang bisa melakukan pengisian cepat, dengan waktu hanya 30 menit, smartphone Anda akan mengisi setidaknya 50%.

Semoga membantu!

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0