Cara Menghapus Bloatware MIUI 12 Tanpa Root

Telset.id – Salah satu keluhan yang paling banyak disampaikan pengguna HP Xiaomi adalah banyaknya blotware yang cukup mengganggu. Tapi jangan khawatir, karena Anda dapat menghapus bloatware dari perangkat Xiaomi berbasis MIUI 12 dengan langkah-langkah sederhana ini, tanpa harus melakukan rooting.

Smartphone Xiaomi dikenal menawarkan fitur bagus dengan harga terjangkau, tetapi mereka juga cenderung datang dengan banyak aplikasi bawaan yang cukup banyak.

Beberapa dari aplikasi bawaan itu mungkin berguna untuk Anda, tapi tidak sedikit aplikasi tersebut mungkin tidak berguna. Kesalnya, beberapa aplikasi itu tetap melacak data Anda,  meskipun sudah mencopotnya. Hal itu bisa terjadi karena mereka memiliki layanan tertentu yang berjalan di latar belakang.

{Baca juga: 5 Fitur Baru di MIUI 12.5, Lebih Hemat Daya dan Aman}

Dalam tips kali ini, kami akan memberi tahu Anda cara menghapus bloatware dari smartphone Xiaomi tanpa melakukan rooting.

Cara Menghapus Bloatware MIUI 12

Sebagai catatan, kami melakukan tutorial ini dengan menggunakan Redmi 9. Biasanya Xiaomi memiliki versi MIUI 12 yang berbeda untuk smartphone yang berbeda. Jadi mungkin saja ada beberapa aplikasi yang tidak ada di HP Xiaomi Anda.

Hal lain yang perlu kami ingatkan adalah bahwa menghapus aplikasi atau layanan tertentu menggunakan metode desktop dapat berakibat ponsel Anda kehilangan sebagian fungsi utama, seperti menelepon atau mengirim SMS.

Resiko terburuk, ponsel Anda bisa mengalami brick. Jadi lakukan dengan hati-hati sebelum melanjutkan dengan metode desktop.

{Baca juga: Resmi! Ini Daftar HP Xiaomi yang Terima Update MIUI 12.5}

Hapus bloatware MIUI 12 di smartphone

Kami akan memandu Anda tentang cara mencopot pemasangan aplikasi yang dimuat sebelumnya langsung dari ponsel cerdas Anda.

  • Langkah pertama cari tahu aplikasi yang sudah dimuat sebelumnya dengan HP Xiaomi Anda. Biasanya ponsel yang lebih baru hadir akan memiliki lebih sedikit aplikasi pra-instal. Di Redmi 9 yang kami gunakan ada aplikasi Amazon, Netflix, Facebook dan LinkedIn, Mi Remote, Mi Credit, dan Mi Doc Viewer sebagai aplikasi pihak ketiga tambahan.
  • Untuk menghapusnya, buka menu Settings > Apps > Manage apps
  • Sekarang cukup pilih aplikasi yang ingin Anda hapus lalu ketuk hapus semua.

Hapus bloatware MIUI 12 di desktop

Meskipun metode sebelumnya cukup mudah diakses dan efektif, ada beberapa aplikasi dan layanan yang tidak dapat dihapus. Untuk mendapatkan pembersihan yang lebih dalam, Anda harus menghubungkan ponsel Anda ke PC dan menggunakan perangkat lunak yang disebut ADB atau Android Debugging Bridge.

Kami akan mencoba metode ini di Windows, tetapi ada juga cara untuk melakukannya di Mac yang melibatkan penggunaan Homebrew untuk memungkinkan Anda menghubungkan ponsel Android Anda.

Setelah Anda selesai mengunduh ADB di sistem Windows, Anda harus mengekstraknya menggunakan pengarsip file seperti 7zip atau Winrar. Setelah selesai, buka folder tempat Anda baru saja mengekstrak ini, klik pada bilah alamat dan ketik cmd. Ini akan membuka command prompt langsung dari direktori ADB.

{Baca juga: Xiaomi Pamer MIUI 12.5, Lebih Cepat dan Aman}

Sekarang Anda harus mempersiapkan ponsel Xiaomi Anda untuk menghubungkannya ke desktop dengan mengaktifkan opsi Pengembang di ponsel Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka menu Settings > About phone
  • Ketuk > Versi MIUI beberapa kali.
  • Sekarang masuk ke Additional Settings > Developer options.
  • Lalu aktifkan USB debugging. Ini akan memastikan Anda akan terhubung ke PC dengan benar.

Setelah proses ini selesai, hubungkan smartphone Anda ke PC menggunakan kabel USB dan kemudian ketik adb devices di command prompt.

Anda sekarang harus mengotorisasi PC Anda pada smartphone Anda untuk mendapatkan akses ke ponsel Anda. Jika tidak berhasil pada percobaan pertama, Anda mungkin harus mengetikkan perintah yang sama, adb devices, lagi dan ulangi prosesnya.

Sekarang Anda harus mengunduh file Xiaomi Debloater .jar dari github dan menginstal Oracle Java SE Development Kit. Ini akan memungkinkan Anda membuka file .jar.

Setelah Anda mengaturnya, buka file .jar. Sekarang Anda dapat melihat semua aplikasi yang ada di ponsel cerdas Anda. Berikut daftar aplikasi yang mungkin Anda pertimbangkan untuk dicopot pemasangannya.

Sekarang saatnya memilih dan menghapus aplikasi. Untuk melakukannya ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Centang pada kotak yang sesuai dengan aplikasi yang ingin Anda hapus.
  2. Klik > Uninstall untuk menghapus aplikasi.
  3. Selesai

Nah, itu tadi tips bagaimana cara menghapus bloatware dari HP Xiaomi berbasis MIUI 12 dengan langkah-langkah, tanpa harus melakukan rooting. Gampang kan, selamat mencoba! [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -