HOW TO

4 Cara Mengetahui Kode PUK Telkomsel, Buka Blokir Kartu SIM

Naufal Mamduh
Share

Telset.id – Pelanggan Telkomsel mungkin pernah mendengar istilah kode PUK atau Personal Unblocking Key. Banyak yang belum tahu apa fungsi dan bagaimana cara mengetahui Kode PUK Telkomsel. Nah, kami akan kasih tipsnya untuk Anda.

Kode PUK kurang mendapatkan perhatian dari pelanggan, padahal kode ini sangat dibutuhkan saat situasi genting, misalnya kartu SIM Anda tidak sengaja terblokir.

Itu sebabnya, Anda perlu tahu bagaimana cara mengetahui kode PUK Telkomsel, sebelum mengalami hal yang tidak diinginkan tersebut.

Apa Itu Kode PUK

Kode PUK atau atau Personal Unblocking Key merupakan kode unik yang disediakan oleh Telkomsel, untuk membantu pengguna dalam membuka kartu SIM yang telah terblokir. Adapun penyebab kartu SIM terblokir biasanya karena pelanggan salah memasukkan nomor PIN selama 3 kali.

Singkatkanya kode PUK untuk membantu Anda, dalam membuka kembali nomor yang terblokir karena lupa nomor PIN. Jadi betapa pentingnya mengetahui kode PUK, khususnya saat kartu SIM terblokir.

Telkomsel sendiri memberikan kemudahan kepada pelanggan, yang ingin mengetahui kode PUK mereka. Terdapat beberapa cara yang bisa mereka lakukan, untuk mendapatkan kode tersebut.

BACA JUGA: 

4 Cara Mengetahui Kode PUK Telkomsel

Setidaknya ada 4 cara yang bisa Anda lakukan, untuk mengetahui kode PUK. Keempat cara tersebut bisa diterapkan melalui smartphone, atau mengunjung langsung layanan Telkomsel Grapari terdekat.

1. Cara Mengetahui Kode PUK Telkomsel via Veronika

Cara yang satu ini bisa dilakukan lewat smartphone, karena layanan Veronika atau asisten digital milik Telkomsel itu bisa diakses dalam beberapa platform. Berikut ini cara selengkapnya.

  • Silakan akses layanan Veronika melalui LINE, Facebook Messanger, Telegram, Website Telkomsel, WhatsApp dan Aplikasi MyTelkomsel.
  • Ketik Hai dan tulis Info PUK.
  • Setelah itu Anda harus memiliki salah satu metode verifikasi seperti menggunakan PIN T-Care, nomor telepon atau tanggal lahir.
  • Apabila sudah memilih salah satu metode verifikasi, asisten virtual Telkomsel ini akan mengirimkan informasi PUK yang Anda butuhkan.

2. Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel via UMB

Metode berikutnya menggunakan USSD Menu Browser, atau informasi layanan yang disediakan oleh Telkomsel.

BACA JUGA: 

Cara dapat kode PUK ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki pulsa atau kuota internet, karena layanan UMB bisa diakses gratis.

  • Buka smartphone Anda lakukan panggilan telepon di nomor *116#.
  • Setelah itu akan terlihat beberapa menu, dan Anda disarankan untuk memilih menu PUK.
  • Lalu Anda pun akan diminta, untuk memasukkan 16 digit nomor rahasia yang terletak di belakang kartu SIM Telkomsel Anda. Silakan masukkan belasan digit nomor tersebut, dan Anda akan mendapatkan kode PUK yang diminta.

3. Cara Mengetahui PUK Telkomsel via Call Center

Telkomsel menyediakan layanan call center, yang bisa diakses untuk mendapatkan beragam informasi termasuk informasi seputar kode PUK.

  • Buka smartphone dan lakukan panggilan di nomor 118.
  • Jelaskan kepada petugas Call Center, bahwa Anda membutuhkan informasi mengenai kode PUK.
  • Nantinya petugas meminta Anda, untuk melakukan beberapa intruksi sampai akhirnya Anda mendapatkan kode PUK yang diinginkan.
  • Sekedar informasi kalau tarif telepon Call Center sebesar Rp 300 untuk sekali menelpon.

4. Cara Mengetahui Kode PUK via GraPARI

Cara terakhir yakni melalui GraPARI terdekat dari rumah Anda, dan berikut ini cara mengetahui kode PUK melalui GraPARI.

  • Buka Google atau Google Maps dan kilk GraPARI terdekat, untuk mengetahui lokasi Grapari yang paling dekat dengan rumah Anda.
  • Sampai disana, silakan jelaskan maksud mengunjungi GraPARI ke petugas yang berada di depan gerai, dan Anda akan diarahkan ke petugas customer service.
  • Silakan lakukan intruksi yang diminta oleh petugas customer service, sampai akhirnya Anda mendapatkan kode PUK Telkomsel.

Bagaimana cukup mudah bukan? oke, itu tadi informasi mengenai cara mengetahui kode PUK Telkomsel. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. [NM/HBS]

Leave a Comment