Trackpad Sering ‘Lompat-lompat’? Begini Cara Mengatasinya

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

Telset.id – Trackpad lompat-lompat tentu sangat menyebalkan. Apalagi, ketika kita tidak membawa mouse wireless atau kabel sebagai penggantinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi trackpad lompat-lompat?

Meskipun laptop terbaru saat ini makin canggih, namun ada satu fitur yang rasanya sulit untuk dihilangkan. Apalagi kalau bukan trackpad yang berfungsi sebagai alat untuk mengontrol pointer atau menggerakan kursor.

Namun, masih saja ada keluhan seputar penggunaan trackpad di laptop. Misalnya saja, mouse atau trackpad yang sering lompat-lompat ke berbagai arah saat sedang menggunakan aplikasi.

Nah, kalau Anda salah satu yang sering mengalami hal ini, jangan khawatir karena tim Telset punya beberapa solusi. Ingin tahu?

{Baca juga: Cara Mudah Install Ulang Laptop dengan CD atau Flashdisk}

Cara Mengatasi Trackpad Lompat-lompat

Kami akan memberikan setidaknya 7 cara untuk mengatasi kursor atau mouse yang sering lompat-lompat. Tapi sebelum itu, kami akan memberikan informasi soal mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Ada beberapa penyebab kenapa touchpad laptop bisa lompat-lompat antara lain, pengaturan mouse yang terlalu sensitif, belum update driver, arus listrik yang berlebih, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi trackpad maupun mouse laptop yang sering bermasalah. Yuk simak selengkapnya!

1. Atur Sensitivitas

Kebanyakan, penyebab mouse atau trackpad yang sering bergerak sendiri adalah sensitivitasnya yang terlalu tinggi. Satu-satunya cara adalah mengatur kecepatan pointer dan menambah presisi dari pointer yang menggunakan trackpad.

  • Buka Control Panel dengan mencarinya di kolom pencarian ataupun search bar Cortana (Windows 10).
  • Kemudian, pilih Hardware and Sound.

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

  • Di menu tersebut, akan muncul beberapa pilihan lain. Pilihlah menu Mouse di bawah Device and Printer.

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

  • Lalu menu baru akan terbuka. Pilih tab Pointer Option.

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

  • Di sini, Anda dapat mengatur kecepatan pointer, jika Anda merasa pointer dari laptop Anda terlalu cepat dan loncat-loncatan.
  • Di sini juga, Anda dapat menonaktifkan fitur Enhance pointer precision, dikarenakan banyak trackpad yang berujung kurang presisi saat fitur ini diaktifkan.

{Baca juga: Penyebab Laptop Tak Bisa Main Game dan Cara Mengatasinya}

2. Update Driver Mouse

Cara lainnya untuk mengatasi trackpad atau mouse yang lompat-lompat adalah dengan update driver dari mouse tersebut. Berikut caranya:

  • Caranya, cari Device Manager di kolom pencarian atau search bar Cortana.
  • Pilih Mice and other pointing devices.
  • Lalu, klik kanan pada mouse atau trackpad yang mengalami gangguan dan pilih Update Driver.

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

  • Selanjutnya, pilih opsi Search automatically for drivers. Lalu, ikuti proses berikutnya.

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

3. Install Ulang Driver Mouse

Cara lainnya untuk mengatasi trackpad lompat-lompat adalah install ulang driver mouse. Langkah-langkahnya hampir sama seperti cara sebelumnya.

  • Masuk ke Device Manager dan pilih Mice and other pointing devices.
  • Kemudian klik kanan pada mouse atau trackpad yang bermasalah, dan pilih Uninstall Device.

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

  • Lalu, restart laptop Anda. Biasanya pada saat Windows melakukan booting, sistem juga akan sekaligus menginstal driver trackpad yang baru.
  • Terakhir, coba kembali mouse atau trackpad Anda.

{Baca juga: 10 Laptop 5 Jutaan Terbaik 2021, Bisa Buat Gaming!}

4. Gunakan Charger Resmi atau Asli

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

Lho, apa hubungannya charger dengan mouse yang bermasalah? Bisa saja, arus listrik yang berlebih menjadi sumber masalah mengapa kurson trackpad lompat-lompat.

Salah satu penyebab mengapa terjadi arus listrik yang berlebih adalah penggunaan charger non resmi seperti yang dikeluarkan produsen lapto yang Anda gunakan.

Solusi untuk mengatasi hal ini, usahakan Anda menggunakan charger asli. Jika memang terpaksa menggunakan charger tidak resmi, pastikan tidak ada tanda-tanda korsleting.

5. Gunakan Alas yang Datar

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

Cara ini berlaku bagi Anda yang mengalami masalah kursor mouse yang lompat-lompat. Sensor dari mouse biasanya akan sulit bekerja dengan baik apabila digunakan pada alas atau medan yang tidak rata.

Hal ini juga bisa terjadi ketika Anda menggunakan mouse di alas berupa kaca atau berbahan busa. Apabila Anda menggunakan alas yang tidak rata, sensor mouse tidak bisa menerima perintah dengan baik.

Jika Anda menggunakan alas kaca sebagai alas, maka cahaya laser yang dipantulkan malah terpantul kembali ke sensor. Untuk mengatasi hal ini, gunakan alas mouse yang bagus.

Anda bisa mencari mousepad di toko online, atau menggunakan meja berbahan kayu sebagai solusi cepat. Anda juga dapat menggunakan kertas ataupun karton sebagai solusinya.

{Baca: 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Laptop, Biar Awet!}

6. Ganti Mouse

Razer Naga
Mouse gaming MMO terbaru besutan Razer

Beberapa penyebab mengapa kursor mouse lompat-lompat atau bergerak sendiri adalah karena mouse tersebut memang sudah bermasalah, khususnya pada konektor.

Apabila Anda menggunakan mouse kabel, biasanya masalah yang muncul adalah kabel yang terjepit dan konektor USB yang rusak.

Kalau Anda menggunakan mouse wireless, masalah yang terjadi biasanya konektor USB bermasalah atau ada perangkat mouse wireless lain yang bekerja di frekuensi yang sama.

Berikut beberapa cara mengatasinya:

  • Jika kabel mouse terjepit atau bengkok, luruskan saja jika masih bisa.
  • Kalau konektor USB yang rusak, tidak ada cara lainnya lagi selain mengganti mouse yang baru.

7. Nonaktifkan Trackpad

Cara mengatasi kursor Trackpad mouse lompat-lompat

Ketika Anda menggunakan mouse, Anda pasti sering lupa mematikan sementara trackpad di laptop. Hal itu bisa menjadi masalah kenapa kursor lompat-lompat.

Ada kemungkinan kursor di layar bergerak sendiri karena tangan atau jari tak sengaja menyentuh area trackpad. Cara mengatasinya, tentu saja dengan menonaktifkan sementara fungsi trackpad.

Contoh di laptop Asus. Anda hanya tinggal menekan tombol Fn + F7 saja untuk mematikannya. Tenang, Anda bisa mengaktifkannya kembali kok.

Bagaimana dengan laptop lainnya? Berikut caranya:

  • Laptop Mac, tekan tombol Fn + F2.
  • Laptop Acer, tekan tombol Fn + F7.
  • Laptop Toshiba, tekan tombol Fn + F9.
  • Laptop Asus lainnya, tekan tombol Fn + F3.
  • Laptop Dell, tekan tombol Fn + F7.
  • Laptop Lenovo, tekan tombol Fn + F6.

Untuk mengaktifkannya kembali, tekan saja tombol yang sama. Otomatis trackpad Anda berfungsi lagi.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengatasi kursor mouse atau trackpad yang lompat-lompat sendiri. Semoga informasi ini membantu Anda, dan selamat mencobanya! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here