Home HOW TO 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Mudah dan Halal

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Mudah dan Halal

Cara Mendapatkan uang dari Internet

Telset.id – Internet sudah menjadi bagian yang begitu melekat pada kehidupan masyarakat zaman sekarang. Tidak sekadar menjadi tempat untuk memperoleh informasi, namun internet juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan uang dengan berbagai cara.

Lho, kok bisa? Tentu Anda penasaran bagaimana caranya kan? Tenang, di artikel ini tim Telset akan bagikan cara untuk dapat uang dari internet.

Namun perlu digarisbawahi, Anda tidak akan mendapatkan uang secara cuma-cuma di internet. Tetap diperlukan proses dan kerja keras untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari dunia maya.

Intinya, Anda tetap harus bekerja berusaha untuk bisa mendapatkan penghasilan. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini sejumlah cara untuk mendapatkan uang dari internet. Yuk disimak!

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

cara menghasilkan uang dari internet

Terdapat sejumlah cara untuk bisa menghasilkan uang dari internet. Sehingga Anda bisa memilih dan mencoba mana yang sekiranya mungkin dan bisa dilakukan untuk memperoleh pundi-pundi.

Namun, Anda perlu berhati-hati juga. Sebab, ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan iming-iming memberikan keuntungan berlipat di internet.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk dapat uang dari internet:

1. Membuka Toko Online

Membuka toko online merupakan cara pertama dapat uang dari internet yang kami rekomendasikan untuk Anda. Cara ini akan cukup mudah dijalani apabila Anda sudah memiliki produk yang sebelumnya diperdagangkan secara offline.

Sudah banyak marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka toko online. Mulai dari Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.

{Baca Juga: 10 E-commerce Favorit Konsumen Indonesia, Banyak Dikunjungi}

Dengan membuka toko online, Anda bisa meraih segmen pasar atau calon konsumen yang lebih luas lagi.

Banyak biaya yang bisa ditekan dengan membuka toko online dibandingkan toko offline. Sehingga Anda dapat dengan mudah menghasilkan uang dengan memanfaatkan internet.

2. Membuat Blog

Selanjutnya, cara mendapatkan uang dari internet adalah dengan membuat blog. Isilah blog Anda dengan artikel-artikel berguna yang informatif agar banyak dicari oleh pembaca.

Anda juga bisa membahas topik yang sesuai dengan minat dan hobi. Seperti misalnya gadget, teknologi, otomotif, berkebun, memasak, dan lain sebagainya.

{Baca Juga: Miris, Harga Data Pribadi Dijual Lebih Murah dari Secangkir Kopi}

Jangan lupa untuk mempelajari berbagai hal terkait SEO agar blog Anda jadi lebih optimal dan dapat dengan mudah menjaring pembaca.

Jika nantinya trafik pembaca sudah tinggi dan bloh mulai dikenal, Anda bisa mulai menjual sejumlah produk atau jasa. Bisa juga menawarkan space iklan berbayar kepada para pengiklan yang berminat.

3. Menjadi YouTuber

Menjadi youtuber merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet, dan bahkan diidamkan oleh para generasi muda Indonesia. Dengan menjadi YouTuber, Anda bisa berkarya membuat konten video sekaligus bisa memperoleh uang dari internet.

Pilih tema video yang menarik atau sesuai dengan minat Anda. Selanjutnya, cari topik yang kiranya menarik untuk dibahas dan bakal banyak dicari oleh pengunjung YouTube.

{Baca Juga: 13 Youtuber Gaming ‘Ngetop’ di Indonesia, Paling Seru dan Kocak}

Buat konten sebaik mungkin agar penonton betah. Seperti kualitas gambar yang bagus, editing yang menarik, judul yang bisa membuat pembaca tertarik untuk menonton video Anda.

Jika nantinya penonton dan subscriber sudah cukup banyak, Anda bisa memonetisasi channel dan mendapatkan uang dari YouTube.

4. Menjadi Freelancer

Salah satu cara lain yang bisa Anda lakukan untuk dapat uang dari internet adalah dengan menjadi freelancer. Saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan lepas yang ditawarkan di internet.

Jika Anda memenuhi kualifikasi, Anda bisa direkrut dan dibayar untuk menyelesaikan proyek yang tengah mereka kerjakan.

Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan kemampuan Anda tentunya. Misalnya di bidang penulisan atau freelance writer, videografer, dan lain sebagainya.

Buat profil yang menarik dan memperlihatkan bahwa Anda merupakan sosok yang tepat untuk mengerjakan projek tersebut. Jangan lupa untuk sertakan karya yang Anda buat sebagai portofolio.

Semakin bagus dan banyak karya yang Anda hasilkan, sudah pasti bayaran yang Anda terima juga semakin tinggi.

5. Menjual Karya Foto dan Video

Buat Anda yang suka memotret atau membuat video, Anda bisa menjual karya yang Anda hasilkan di internet. Ada banyak situs yang memungkinkan Anda menjual hasil karya untuk mendapatkan uang dari internet, seperti Shutterstock, iStock Photo, Video Hive, dan lain sebagainya.

Jika nantinya ada orang lain yang mau menggunakan hasil karya Anda, mereka harus membelinya terlebih dahulu untuk memperoleh lisensi. Uang yang dibayarkan nantinya akan diberikan kepada Anda.

Anda juga bisa melihat karya seperti apa yang kiranya banyak diminati. Semakin banyak hasil karya yang Anda buat, tentu semakin besar peluang karya tersebut dibeli.

6. Mengisi Survei Online Berbayar

Berikutnya Anda bisa mencoba mengisi survei online berbayar. Meski memang tidak memberikan nominal yang cukup besar, namun Anda bisa mendapatkan uang dari internet dengan cara yang cukup gampang.

Setelah mengisi survei online berbayar ini, kompensasi yang diberikan juga beragam. Tidak hanya yang tunai, tapi juga ada kupon belanja, hadiah, dan lainnya.

Penyelenggara survei biasanya juga meminta beberapa informasi seperti lokasi dan minat dari pengisi survei. Beberapa situs yang menyediakan survei berbayar antara lain, Pinecone Research, SendEarnings, i-Say, dan Pro Opinion.

7. Membuat Podcast

Membuat podcast juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Apalagi, belakangan ini podcast juga makin populer dan banyak peminatnya.

Melalui podcast, Anda bisa berbagi cerita, kisah-kisah menarik, wawancara, hingga informasi menarik lainnya. Biasanya, jika podcast Anda ramai pendengarnya, Anda akan memperoleh pembayaran melalui PayPal.

Untuk membuat konten yang bagus, pastikan untuk merekam audio yang berkualitas. Pastikan juga isi konten yang dibuat berisi dan informatif.

Ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk Anda membuat dan mendistribusikan podcast Anda, seperti Spotify dan iTunes.

8. Menjadi Selebgram

Profesi lain yang kini juga begitu diminati adalah selebgram. Dengan memposting konten di Instagram, Anda bisa memperoleh pundi-pundi yang cukup besar, tergantung seberapa besar followers yang Anda miliki.

Maka dari itu, penting untuk menaikkan jumlah followers Anda. Tapi jangan dengan cara membeli ya, sob! Tapi buat branding Anda sebaik mungkin dan membagikan konten-konten foto atau video yang menarik.

Prosesnya memang tidak instan dan butuh waktu cukup lama. Maka dari itu Anda perlu tekun dan konsisten untuk membuat konten yang bagus. Dari postingan Anda di Instagram nantinya bisa memperoleh jutaan hingga ratusan juta rupiah.

9. Menjual Software atau Aplikasi

Jika Anda ahli dalam bahasa pemrograman, Anda bisa menggunakan keahlian Anda untuk mendapatkan uang dari internet. Salah satunya adalah dengan cara menjual software atau aplikasi bikinan sendiri di internet.

Buatlah aplikasi atau software yang berguna bagi banyak orang. Dengan ini akan banyak yang menggunakan aplikasi yang Anda buat.

{Baca Juga: Adobe Kembangkan Software Marketing dengan Teknologi AI}

Apalagi saat ini sudah banyak platform yang menyediakan tempat untuk mempromosikan aplikasi seperti Google Play atau Apple Store.

Dengan mengunggah aplikasi buatan Anda ke platform tersebut, jelas makin besar potensi pengguna yang akan menggunakan aplikasi Anda.

Terdapat dua skema monetisasi untuk aplikasi. Bisa dengan menjual aplikasi berbayar atau menyediakan aplikasi gratis yang disisipi dengan item-item berbayar ataupun iklan.

10. Menulis dan Menerbitkan eBook

Jika Anda suka menulis sebuah buku, kini Anda bisa dengan mudah menjual hasil karya Anda di internet. Hasil tulisan Anda bisa diubah menjadi eBook dan bisa dijual untuk mendapatkan uang dari internet.

Sudah banyak platform yang menyediakan sarana untuk menerbitkan eBook. Tinggal bagaimana Anda membuat isi konten yang informatif dan menarik untuk pembaca.

Buat eBook yang berkelanjutan, agar semakin banyak karya yang Anda buat. Kemas dengan cerita yang menarik agar banyak pembaca yang menantikan karya Anda.

{Baca Juga: Hacker Siap Sabotase Rantai Pasokan Vaksin Covid-19}

Semakin banyak pembaca yang membaca dan membeli eBook Anda, semakin banyak juga pundi-pundi yang bisa Anda kumpulkan.

Well, itu dia tadi beberapa cara untuk mendapatkan uang dari internet. Lakukan apa yang kiranya sesuai dengan kemampuan dan minat Anda. Tidak ada cara yang instan, semua butuh proses dan niat.

Selamat mencoba dan semoga berhasil agar bisa dapat dan mengumpulkan banyak uang dari internet. (HR/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here