HOW TO

Membuat Twitter Spaces Kini Tanpa Syarat Followers, Begini Caranya

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Kalau sebelumnya hanya beberapa pengguna tertentu saja yang bisa membuat Twitter Spaces dengan cara yang gampang, kini Twitter memberikan izin kepada seluruh pengguna untuk menjadi host di Spaces.

Di awal peluncurannya Twitter Spaces pada Mei 2021 lalu, pengguna yang ingin menjadi host harus memiliki setidaknya minimal 600 followers atau pengikut. 

Sekarang, persyaratan tersebut diubah. Dilansir Telset dari Engadget pada Sabtu (23/10/2021), Twitter memberikan kesempatan kepada semua pengguna agar dapat bikin ruang Spaces dengan mudah dan tanpa persyaratan jumlah followers. 

Baca juga: Fitur Ini Bikin Twitter Spaces Makin Ramai

Melalui akun resmi @TwitterSpaces pada Jumat (22/10/2021), aplikasi berlogo burung emprit tersebut mengumumkan jika seluruh pengguna aplikasi Android dan iOS bisa menjadi moderator. 

“Waktunya telah tiba — kami sekarang meluncurkan kemampuan untuk semua orang di iOS dan Android untuk menyelenggarakan Space. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menjadi tuan rumah, selamat datang! inilah penyegaran tentang caranya,” jelas Twitter. 

Twitter memang sejak diluncurkan terus merilis dan melakukan uji coba banyak fitur baru untuk Spaces, seperti fitur co-host hingga 10 pembicara, fitur tag topik hingga uji coba fitur tiket berbayar untuk masuk ke ruang obrolan.

Berbagai fitur tersebut membuat Spaces menjadi salah satu layanan obrolan suara yang diminati oleh pengguna. 

Cara Membuat Twitter Spaces

Berhubung sudah bisa digunakan untuk semua pengguna, mulai sekarang Anda bisa membuat Twitter Spaces di HP Android dan iOS dengan cara yang gampang. Berikut panduan lengkapnya:

Baca juga: Ladang Cuan Baru Pengguna Twitter

  • Silakan lakukan update aplikasi Twitter ke versi yang terbaru.
  • Login ke akun Twitter di aplikasi, dengan memasukkan username dan password di kolom yang tersedia.
  • Buka lini masa Twitter, dan klik tanda + lalu pilih menu Spaces yang terletak di bagian kanan atas.

  • Baca mengenai peraturan Spaces. Ada beberapa poin yang dijabarkan dan klik Paham jika sudah mengerti seluruh peraturannya.

  • Tulis judul Spaces Anda dan pilih Mulai Space Anda, kalau ingin langsung menggelar Space atau klik ikon kalender untuk menjadwalkan acara.

  • Untuk yang ingin menjadwalkan acara, silakan pilih jadwal hari dan jam acara. Setelah itu Anda bisa klik menu Berikutnya.

  • Sambil menunggu jadwal acara, Anda bisa mempromosikan Spaces di lini masa dengan klik Sebarkan.

  • Nantinya ketika Spaces sudah dimulai, pengguna lain hanya tinggal mengklik Tweet Anda dan masuk ke dalam room. Sebagai host, Anda bisa mengajak pengguna lain menjadi pembicara dan memandu jalannya diskusi.

Spaces menjadi ruang virtual untuk mengobrol, di tengah sulitnya berdiskusi secara langsung akibat pandemi Covid-19. Anda bisa memaksimalkan fitur ini untuk berdiskusi dan bersilaturahmi dengan teman atau keluarga. Selamat mencobamya! (NM/MF)

Leave a Comment