HOW TO

Cara Membuat “Grup Musik” di Spotify Lewat Fitur Supergrouper

Naufal Mamduh
Share

Telset.id – Spotify terus membawa beragam inovasi menarik bagi pengguna. Terbaru, layanan streaming musik ini merilis fitur Supergrouper yang memungkinkan pengguna menggabungkan musisi favorit ke dalam sebuah grup

Di fitur Supergrouper, pengguna Spotify bisa berperan sebagai direktur musik dan membentuk grup musik dengan personil yang berasal dari artis favorit pengguna.

Tidak peduli genre musik apa yang mereka ciptakan, atau apakah mereka telah pensiun dari karir musik mereka atau meninggal dunia. Pengguna pun bisa memberi nama grup musik tersebut sesuai keinginan.

BACA JUGA: 

Namun meski mereka tergabung dalam satu grup, bukan berarti fitur Supergrouper Spotify membuat para musisi yang pengguna gabungkan, menciptakan lagu baru. Fitur Supergrouper ini hanya akan memberikan playlist yang isinya lagu-lagu dari musisi yang bergabung.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Supergrouper ini?

Cara Menggunakan Fitur Supergrouper di Spotify

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu melakukan beberapa tahapan untuk berhasil membuat grup musik mereka sendiri. Berikut ini cara selengkapnya.

  • Buka situs spotify.com/supergrouper di perangkat smartphone.
  • Ketuk fitur Connect to Spotify dan ikuti petunjuk untuk menautkan akun Spotify Anda.
  • Setelah masuk ke fitur tersebut, langkah pertama adalah pilih ukuran grup. Anda bisa memilih minimal 3 artis atau yang paling banyak 5 artis.
  • Pilih artis dan peran mereka. Caranya dengan menulis nama artis di kolom yang tersedia.
  • Terdapat beberapa peran seperti The Lead, The Up-And-Comer, The Producer, The Legend, The Hypeman, The Polymath, The Rockstar, The Lyricist, The Trendsetter, dan The Wildcard.
  • Apabila bingung memilihnya, Anda bisa memilih menu Randomize agar Spotify memilih secara acak berdasarkan musisi yang sering didengarkan.

  • Beri nama grup Anda. Ketuk Create your Name di bagian bawah layar dan Anda akan dibawa ke halaman di mana Anda akan diberikan daftar kata dan frasa untuk dipilih.
  • Kata-kata tersebut dipilih oleh algoritma Spotify dan didasarkan pada deskripsi artis atau nama lagu mereka.
  • Setelah anda selesai memberi nama Supergroup anda, Spotify akan menyusun playlist yang terdiri dari lagu-lagu yang dibuat oleh artis-artis dalam grup tersebut. Jumlahnya sekitar 20 atau 30 lagu.

Fitur Supergrouper saat ini baru bisa dipakai oleh pengguna Spotify di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Selandia Baru dan Filipina.

BACA JUGA: 

Sepertinya Spotify akan menghadirkan fitur ini ke negara-negara lain secara bertahap. Jadi untuk pengguna di Indonesia, harap bersabar. [NM/IF]

Leave a Comment