Cara Ketahui Jika Akun Yahoo Ternyata Bermasalah

Akun Yahoo

Telset.id – Pada Kamis lalu, Yahoo telah mengungkapkan bahwa telah terjadi peretasan yang menyebabkan 500 juta akun Yahoo terkena imbasnya. Kemungkinan juga di antara 500 juta akun pengguna tersebut, anda adalah salah satu korbannya.

Peretasan yang juga merupakan kejadian paling besar ini sudah mempengaruhi banyak akun email Yahoo dan bahkan hingga Yahoo Fantasy Footbal.

Nah sekarang Tim Telset.id akan membagikan cara kepada anda para pembaca setia yang juga kemungkinan memiliki akun Yahoo, untuk mengetahui apakah akun Yahoo anda menjadi korban peretasan oleh para hacker tidak bertanggung jawab tersebut. Jadi, simak baik-baik ya!

Periksa Akun Yahoo

Bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan, tapi sebagai saran, sebaiknya anda tidak menggunakan Yahoo Mail sebagai akun email utama anda. Ya, hal ini juga sudah dilakukan oleh banyak orang. Namun jika anda memang menggunakan akun Yahoo Mail sebagai akun email utama, sebaiknya anda cek akun anda tersebut. Yahoo sudah mengirimkan pemberitahuan kepada penggunanya yang terkena peretasan atau pelanggaran data. Jadi jika anda mendapatkan pemberitahuan tersebut, maka akun anda terkena peretasan tersebut.

[Baca Juga: Serangan Hacker Terparah, 500 Juta Akun Yahoo Kena Imbasnya]

Ubah Password

Yahoo telah mengingatkan kepada penggunanya yang belum pernah mengubah password sejak 2014 untuk segera mengubah password akunnya. Hal ini karena kemungkinan besar para pengguna Yahoo mengugnakan password yang relatif lemah dan mudah untuk ditebak. Jadi, segeralah ubah password anda.

Nah jika password anda yang mudah ditebak lagi juga digunakan untuk banyak akun, itu adalah ide yang buruk karena para hacker akan mencoba meretas akun anda yang lain dengan password lama yang sudah mereka dapatkan.

Cobalah untuk mengganti password akun anda tersebut dengan password yang berbeda-beda. Jika memang sulit untuk mengingatnya, buatlah catatan kecil dan tulis password anda di dalam catatan tersebut.

Hapus Akun yang Tidak Terpakai

Jika sudah mengganti password berbagai akun anda terutama akun Yahoo, cobalah mengingat apakah ada akun yang sama sekali tidak terpakai oleh anda. Jika ada, hapus akun itu karena bisa saja para hacker akan menggunakannya untuk sesuatu yang tidak semestinya. (FHP/MS)

SOURCECNET
Previous articleSamsung Akan Rilis Galaxy C5 Pro dan C7 Pro
Next articleWhatsapp akan Gunakan Keamanan Kode Enam Digit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here