HOW TO

Cara Mudah Install iOS 15 atau iPadOS 15 Developer Beta

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – Apple memperkenalkan iOS 15 dan iPadOS 15 di gelaran WWDC 2021. Bukan untuk pengguna umum, OS terbaru ini ditujukan untuk pengembang yang terdaftar di Apple Developer. Nah, buat Anda yang ingin mencobanya, berikut cara download iOS 15 dan iPadOS 15 versi beta.

Apple menghadirkan beragam fitur anyar pada sistem operasi terbaru untuk iPhone dan juga iPad. Fitur-fitur ini disematkan pada aplikasi FaceTime, iMessages, Apple Maps, hingga Apple Wallet.

Baik iOS 15 dan iPadOS 15 versi beta disediakan Apple untuk diuji oleh para developer pada perangkat iPhone dan iPad yang mendukung. Sementara untuk beta publik pertama, Apple akan menggulirkannya pada bulan depan.

Buat Anda yang ingin menjajal versi developer beta, berikut adalah cara update iOS 15 atau iPadOS 15 di iPhone maupun iPad Anda.

{Baca juga: 6 Fitur Canggih di iOS 15, iPhone Bisa jadi Kunci Hotel}

Namun sebagai catatan, menjalankan sistem operasi versi beta awal akan menimbulkan sejumlah masalah di iPhone dan iPad. Wajar, karena sistem operasi ini belum benar-benar selesai dikembangkan oleh Apple.

Dilansir Telset dari 9to5mac, Selasa (8/6/2021), berikut ini adalah cara untuk install iOS 15 atau iPadOS 15 pada iPhone maupun iPad Anda:

  • Pastikan Anda sudah terdaftar menjadi bagian dari Apple Developer. Jika belum, Anda bisa mendaftarnya di situs https://developer.apple.com/programs/enroll/.
  • Kami sarankan untuk tidak menggunakan iPhone dan iPad utama Anda. Kalaupun terpaksa, lakukan backup data terlebih dahulu sebelum instal dan update iOS 15 beta.

  • Selanjutnya, akses situs Apple Developer (https://developer.apple.com/) di iPhone atau iPad Anda.
  • Tekan tombol berbentuk dua garis bertumpuk di sudut kiri atas, dan pilih Account. Jangan lupa untuk login ke akun Apple Anda.
  • Tekan kembali tombol berbentuk dua garis di sudut kiri atas, kemudian pilih Downloads.
  • Swipe ke bawah dan tekan Install Profile di bawah menu iOS 15 beta atau iPadOS 15 beta.

  • Tap Allow dan klik Close pada menu popup selanjutnya.
  • Sekarang, masuk ke Settings dan pilih Profile Downloaded di sudut atas.

  • Tap Install disudut kanan atas layar, dan masukkan passcode jika diperlukan. Baca terlebih dulu lembar persetujuan, lalu tap Install.
  • Kemudian, tekan tombol Restart untuk memulai ulang iPhone atua iPad Anda. Setelah proses restart, masuk kembali ke Settings > General > Software Update.

  • Seharusnya, pembaruan OS seharusnya akan muncul. Tap Download and Install.

Seharusnya iPhone atau iPad Anda telah selesai melakukan install iOS 15 atau iPadOS 15. Semoga cara install iOS 15 beta di atas bermanfaat ya, sob! (MF)

Leave a Comment