HOW TO

Cara Download Aplikasi Telegram dan Keunggulannya

Naufal Mamduh
Share

Telset.id – Telegram mulai dilirik pengguna smartphone usai muncul informasi bahwa WhatsApp akan memberikan data pengguna ke Facebook. Apalagi cara download Telegram cukup mudah dan aplikasi ini juga memiliki berbagai keunggulan. 

Seperti diketahui bahwa warga dunia khususnya pengguna smartphone mulai mencari aplikasi pesan singkat lain seperti Telegram. Alasannya karena WhatsApp dikabarkan merilis kebijakan privasi terbaru yakni membagi data pengguna ke Facebook. 

{Baca juga: Telegram Sindir WhatsApp Lewat Meme “Peti Mati”}

Kebijakan tersebut yang membuat resah dan Telegram menjadi aplikasi alternatif karena dianggap lebih aman. Nah bagi Anda yang penasaran dengan aplikasi ini berikut ini Tim Telset akan memberikan informasi cara download dan keunggulan Telegram. 

Cara Download Telegram

Telegram adalah aplikasi yang cukup mudah untuk diunduh. Proses pengunduhan aplikasi juga tidak terlalu lama. Artinya  Anda dapat melakukan download aplikasi kapan dan dimana saja dengan mudah. 

  • Buka Google Play Store atau App Store dan ketik “Telegram” di kolom pencarian. Setelah itu silakan unduh Telegram yang memiliki logo berwarna biru dan berbentuk seperti pesawat kertas. Klik “Instal”.
Download Telegram (Foto : Telset)
  • Selesai diunduh, silakan buka aplikasi dan klik “Start Messaging”. Nantinya Telegram akan meminta izin untuk melakukan dan mengelola panggilan telepon dan mengakses log panggilan telepon. Klik “Izinkan”.

  • Langkah berikutnya, Anda diminta untuk menulis nomor telepon pribadi di kolom yang tersedia. Setelah itu tekan tanda panah ke kanan untuk mengikuti langkah selanjutnya.
{Foto : Telset)
  • Mohon tunggu beberapa saat untuk mendapat nomor otentikasi yang dikirim lewat SMS. Salin nomor tersebut ke kolom yang tersedia sebagai bagian dari proses verifikasi nomor.
(Foto : Telset)
  • Tahap terakhir, Anda harus menulis nama akun Telegram serta memposting foto profil Untuk foto, Anda bisa mengambil foto dari galeri di smartphone atau melakukan foto secara langsung dari aplikasi. Setelah itu silakan klik tanda panah di kanan bawah.
(Foto : Telset)

Keunggulan Telegram

(Foto : Istimewa)

Telegram adalah aplikasi yang memiliki banyak keunggulan terutama keunggulan mengenai keamanan dan privasi data pengguna. Melansir dari World Today News terdapat beberapa keunggulan Telegram. 

Keunggulan pertama adalah Anda dapat mengirim file berukuran besar di Telegram. Aplikasi ini memiliki batas mengirim file sebesar 2GB sehingga cukup untuk mengirim file seperti foto atau video tanpa khawatir kualitasnya menurun atau terpotong. 

Keunggulan kedua Telegram memiliki fitur “Secret Chat”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan yang sifatnya rahasia. Anda dan pengguna lain tidak bisa merekam layar atau melakukan screenshot sehingga privasi bisa tetap terjaga. 

Keunggulan ketiga adalah Telegram memungkinkan Anda untuk menyembunyikan nomor telepon, sehingga dapat mencegah seseorang yang tidak diinginkan memiliki nomor telepon Anda. 

Keunggulan keempat, Telegram menggunakan teknologi enkripsi end-to-end dan memiliki layanan penyimpanan Cloud sendiri. Artinya semua pesan teks, gambar, video, dokumen dan file pengguna disimpan di Cloud bukan menggunakan jasa pihak ketiga. 

Keunggulan kelima adalah memiliki fitur bot. Sekedar informasi, bot di Telegram adalah robot yang diprogram untuk menjalankan berbagai instruksi yang diberikan. Di telegram terdapat banyak akun bot yang memberikan kemudahan untuk Anda. 

{Baca juga: Telegram dan TikTok Dongkrak Trafik Telkomsel di Libur Natal}

Misalnya bot Google Mail Official atau @GmailBot yang memberikan kemudahan untuk Anda dalam menerima dan mengirim email praktis di telegram. Lalu ada juga Youtube Downloader atau @utubebot yang mampu mengunduh video di YouTube.

Demikian tutorial mengenai cara download aplikasi Telegram dan pejelasan tentang berbagai keunggulannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. [NM/HBS]

 

Leave a Comment