HOW TO

Google Drive Bisa Blokir Pengguna Tak Dikenal, Begini Caranya!

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Google membawa fitur keamanan terbaru bagi para pengguna berlangganan Drive maupun pengguna gratis, yang memungkinkan mereka untuk blokir email pengguna lain yang tidak dikenal.

Asal tahu saja, selama ini Google Drive unggul dalam hal menyimpan, menyinkronkan dan mengedit file. Sayangnya kelebihan tersebut tidak didukung oleh keamanan yang bagus.

Dilansir Telset dari GSMArena pada Senin (26/7/2021), Google Drive dianggap sebagai aplikasi yang terlalu bebas, karena tidak ada batasan atau konfirmasi lapis dua ketika ingin membagikan data kepada orang lain.

Biasanya pemilik drive hanya memasukkan gmail pengguna lain agar mereka bisa mengakses file dari Google Drive sang pemilik.

{Baca juga: Durasi Rapat di Google Meet Gak Unlimited Lagi, Dibatasi 60 Menit}

Cara ini dianggap kurang aman dan menjadi celah untuk spam masuk ke dalam Drive. Oleh karenanya, Google pada bulan Mei 2021 mengumumkan akan membawa fitur keamanan untuk blokir email pengguna tidak dikenal di Google Drive.

Usai diumumkan pada Mei 2021, akhirnya pada akhir Juli 2021 Google baru saja menghadirkan fitur tersebut ke pengguna Google berbayar ataupun gratis.

Dengan memblokir pengguna lain yang tidak dikenal, maka pengguna anonim tersebut tidak akan membagikan konten apa pun dengan Anda di masa mendatang. Anda bisa lebih aman karena terhindar dari korban spam atau konten kasar.

Cara Blokir Pengguna Tidak Dikenal di Google Drive

Cara blokir email dari pengguna tidak dikenal di Google Drive cukup mudah. Anda bisa melakukannya di smartphone ataupun PC. Berikut ini cara lengkapnya:

{Baca juga: Google Drive Bakal Kosongkan Kotak Sampah Secara Otomatis}

  • Buka aplikasi Google Drive dan pilih menu Shared with me di bagian kiri aplikasi.
  • Setelah itu pilih file yang diakses oleh pengguna tidak dikenal.
  • Lalu klik kanan pada file tersebut danpilih menu Block untuk memblokir email pengguna lain.
Blokir pengguna di Google Drive
  • Klik kembali menu Block dan tunggu sampai akhirnya akun pengguna tidak dikenal telah diblokir.
Blokir pengguna Drive

Untuk memperkuat keamanan, Anda bisa melakukan tindakan tambahan. Pertama, hapus semua file dan folder yang dibagikan oleh pengguna lain. Tujuannya untuk menyingkirkan semua spam atau konten kasar yang selama ini dibagikan ke Drive.

Kedua, Anda harus hapus akses orang lain ke konten Anda, meskipun sebelumnya Anda telah membagikannya dengan mereka. Fitur ini bisa Anda coba di Google Drive masing-masing.

Namun, jika saat ini fitur masih belum muncul di Drive Anda, mohon untuk bersabar. Mungkin saja fitur akan hadir secara bertahap sehingga Anda belum mendapatkannya. (NM/MF)

Leave a Comment