Cara Blokir Iklan Popup di Android

Jakarta – Pernahkah merasa terganggu dengan kemunculan iklan popup yang tiba-tiba muncul saat kita sedang mengakses halaman web di browser seperti Chrome atau Firefox? Jika pernah, Tim Telset.id punya tips bagaimana cara memblokir iklan popup di Android.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mem-blok iklan popup di Android. Pertama dengan menggunakan pengaturan pada browser dan cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang secara spesifik memiliki fungsi untuk mem-blok iklan popup.

Blokir Iklan di Browser Android

Jika Anda menggunakan browser default dari Android, caranya cukup sederhana. Buka browser, klik ikon menu yang biasanya terletak di sebelah kanan atas layar. Kemudian pilih Settings. Sekarang, pilih Advanced dari menu yang muncul. Pastikan opsi Block pop-ups telah diaktifkan. Dimulai saat ini, Anda tidak akan melihat lagi iklan popup yang muncul di smartphone Android ketika sedang mengakses suatu website dengan menggunakan browser “asli” Android.

Blokir Iklan di Browser Chrome

Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan Chrome. Caranya adalah dengan membuka Chrome, kemudian klik ikon menu yang ada di pojok kanan atas layar. Scroll ke bawah untuk mencari Settings dan pilih opsi tersebut. Scroll ke bawah lagi dan pilih Site Settings kemudian klik opsi Pop-ups. Otomatis popup akan diblokir dan juga opsi tersebut akan memberikan Anda notifikasi Pop-ups Block (recommended). Tapi jika ingin mengizinkan popup tersebut muncul, geser notifikasi tersebut untuk mengubah opsinya.

Aktifkan Data Saver di Chrome

Opsi Data Saver adalah opsi untuk meminimalisasi aspek dari halaman web yang tidak terlalu dibutuhkan ketika kita mengaksesnya, termasuk diantaranya iklan popup. Caranya adalah dengan membuka Chrome, dan pilih menu yang ada di pojok kanan atas layar, kemudian scroll ke bawah lalu klik Settings.

Pada menu Settings, scroll kembali ke bawah dan pilih Data Saver. Ganti pengaturannya menjadi On. Untuk mematikannya, ganti kembali opsi Data Saver menjadi Off.

Install Adblock Browser

Adblock seperti yang kita ketahui, sudah banyak membantu kita untuk memblokir iklan-iklan di browser PC. Nah sekarang mereka menawarkan sebuah browser untuk pengguna Android. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak akan lagi melihat iklan apapun termasuk iklan popup.

Install ad-blocker di Chrome

Ketika kita sudah memblokir iklan di browser Android dan mengaktifkan Data Saver di Chrome, namun iklan popup tetap muncul, ini cara lainnya yang harus Anda lakukan. Jika ponsel sudah di-root, kami merekomendasikan untuk menginstall Ad-block Plus yang bisa didapatkan di sini.

Tapi jika belum di-root, Anda masih dapat menggunakan Ad-block Plus namun dengan sedikit cara yang berbeda. Buka Chrome untuk mengakses situs resmi dari Ad-block Plus, kemudian unduh. Ketika sudah terunduh, buka File Manager dan temukan data yang sudah terunduh tadi lalu klik untuk diinstall.

Satu hal untuk ponsel yang belum di-root, Ad-block Plus tidak dapat mengkonfigurasi pengaturan jaringan, jadi Anda harus melakukannya secara manual dengan membuka Ad-block Plus dan klik Configure di pojok kanan atas layar. Aplikasi ini akan memberikan pengaturan untuk proxy yang harus digunakan di pengaturan jaringan ponsel.

Buka Settings, kemudian pilih Wi-Fi. Tekan dan tahan jaringan yang terkoneksi dengan Anda kemudian pilih Modify Network. Aktifkan Show advanced options lalu masuk ke proxy settings dan ubah menjadi Manual. Sekarang masukan pengaturan yang diberikan tadi.

3 COMMENTS

  1. butuh banget nih.. apa lagi kalo browsing di HP… menganggu banget. kalo didestop masih gampang untuk di close.. kalo di smartphone bakalan ribet.. pencet sana sini melulu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here