Cara Bijak Awasi Anak Gunakan Gadget

Telset.id – Saat ini anak di usia dini sudah pintar mengoperasikan komputer, smartphone via Internet. Namun terkadang mereka belum bisa memilah apa saja yang boleh mereka lihat atau mainkan.

Tak bisa disalahkan, karena umur anak-anak yang masih belia. Maka dari itu, orang tua yang harusnya menjaga anak-anak mereka yang belum cukup dewasa dari aktifitas menggunakan komputer, smaprtphone, maupun Internet.

Aturan pertama yang harus dipegang teguh adalah jangan pernah memberikan anak atau remaja password untuk mengakses akun administrator di Windows PC. Jika mereka mendapatkan password tersebut, bisa saja pengaturan keamanan yang dimaksudkan untuk melindungi mereka, malah dimatikan.

Tentu Anda sebagai orang tua, tidak mau anaknya mengakses konten-konten dewasa seperti pornografi, pembunuhan, dan lainnya bukan? Untuk mencegah hal seperti itu, seharusnya orang tua membatasi jumlah waktu yang diberikan kepada anak untuk mengakses komputer, smartphone ataupun internet.

Dengan membatasi waktunya, Anda sebagai orang tua dapat menggantinya dengan memberikan banyak waktu untuk tidur, belajar, bersosialisasi, atau pun permainan fisik.

Apapun bantuan atau alat yang kita gunakan sebagai orang tua untuk melindungi anak kita, jujur pada mereka, katakan yang sebenarnya bahwa kita dapat melihat kegiatan mereka saat mengakses Internet, siapa yang dihubungi di media sosial, dll. Jelaskan bahwa inilah konsekuensi untuk mereka ketika menggunakan teknologi. Sebagai anak, tentu akan mengeluh, namun perlahan tapi pasti mereka pun akan mulai mengerti.

Nah, kali ini Tim Telset.id merekomendasikan untuk menggunakan Norton Family untuk melindungi anak-anak dari kegiatan tersebut. Untuk versi gratisnya, Norton Family hanya bisa digunakan untuk akses PC saja. Setelah anak-anak memiliki smartphone, pertimbangkanlah untuk menggunakan versi Premiere yang berharga USD 50 per tahun.

Dengan versi ini, Anda dapat mengunduh dan memasangkan aplikasi ini ke PC atau perangkat lainnya yang digunakan oleh anak. Kemudian, Anda dapat memberikan pengaturan bagi mereka melalui sebuah halaman web.

How To Norton FamilyNorton Family memungkinkan Anda untuk memantau dan mengontrol, media sosial, dan web browsing. Anda sebagai orang tua dapat memberikan kontrol terhadap situs yang dinilai kurang pantas untuk diakses oleh anak-anak. Anda juga dapat mengatur apa yang terjadi ketika anak mencoba untuk mengakses situs yang dilarang tersebut seperti memberikan peringatan, memblokir situs tersebut, atau memberikan pemberitahuan ke email kita.

Kami merekomendasikan opsi peringatan. Dengan cara ini, anak dapat memutuskan apakah situs tersebut sesuai bagi dirinya atau tidak, jadi mereka pun sambil belajar untuk mengambil keputusan yang bijaksana dan penuh tanggung jawab.

Dengan Norton Family, memungkinkan kita dapat mengatur jadwal kapan anak bisa menggunakan komputer dan tidak menggunakan komputer.[MFH/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here