HOW TO

Cara Aktifkan Dark Mode TikTok di HP Android dan iPhone

Sigit Nugraha
Share

Telset.id – Aplikasi TikTok kini sudah tersedia fitur Dark Mode atau Mode Gelap, biar tampilannya lebih sejuk, atau tidak membuat mata sakit. Buat kamu yang belum tahu caranya, Telset kasih tips cara mengaktifkan Dark Mode TikTok di Android dan iPhone.

TikTok menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan, termasuk di Indonesia. Aplikasi buatan China ini terus mengalami peningkatan dengan fitur-fitur baru.

Baca juga: Cara Download Video TikTok Kualitas HD, Langsung Share ke Medsos!

Salah satu fitur yang dihadirkan adalah Dark Mode TikTok. Fitur Mode Gelap ini memang sudah lama ditunggu-tunggu para pengguna. Kini fitur Mode Gelap TikTok akhirnya benar-benar hadir di HP kamu.

Mungkin ada yang belum tahu, apa itu Dark Mode? Oke kita jelaskan secara singkat ya. Dark mode adalah fitur pada operasi sistem yang mengubah tampilan menu dan aplikasi menjadi dominan berwarna gelap atau hitam.

Salah satu fungsinya adalah untuk menghemat baterai serta melindungi mata kamu dari iritasi saat menggunakan smartphone terlalu lama akibat efek sinar biru di layar HP Android atau iPhone kamu.

Bayangkan jika kamu bermain TikTok sampai berjam-jam dan terus menatap layar HP yang menyilaukan. Sebagai solusinya, kamu bisa mengaktifkan fitur ini untuk mengurangi dampak negatif terhadap mata. Menggunakan mode itu, kalian bisa berbaring santai di tempat tidur sambil menonton segudang video joget di TikTok.

Baca jugaCara Jualan dan Belanja Online di TikTok Shop, Gampang!

Cara aktifkan Dark Mode TikTok

Tidak sulit untuk mengikuti cara aktifkan dark mode TikTok. Kamu hanya perlu menjalankan beberapa langkah di aplikasi untuk melakukan cara aktifkan mode gelap TikTok di Android maupun iPhone, agar mata tak silau, khususnya saat malam.

Telset akan kasih tips mengaktifkan mode gelap atau dark mode di Android dan iPhone. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Dark Mode (Mode Gelap) TikTok di Android

  • Buka aplikasi TikTok
  • Login dengan akun kamu

  • Setelah berhasil login, kamu akan masuk ke halaman utama, pilih menu Me/Saya dengan ikon orang di bagian kanan bawah
  • Pilih tombol Options yang seperti tiga garis di bagian kanan atas

  • Pada halaman Settings and privacy, klik > Dark Mode yang tersedia di bagian Content & Activity

  • Kemudian pilih Dark untuk mengaktifkan Dark Mode
  • Setelah itu maka secara otomatis tampilan aplikasi TikTok di HP kamu akan menjadi hitam/gelap.

Baca jugaCara Bikin Video Pendek ala TikTok di YouTube Shorts

Dark Mode (Mode Gelap) TikTok di iPhone/ iOS

  • Buka aplikasi TikTok
  • Kemudian login ke akun kamu
  • Setelah masuk ke halaman utama, pilih menu Me/Saya yang ada ikon orang di bagian kanan bawah

  • Pilih tombol Options yang berbentuk tiga titik di bagian kanan atas

  • Pilih Dark Mode yang ada pada bagian General di halaman Privacy and settings

  • Setelah masuk di menu pengatuan, kamu bisa tap menu > Dark

Setelah itu, maka secara otomatis tampilan aplikasi TikTok akan menjadi gelap atau dominan hitam.

Sebagai informasi. setelah tahapan di atas, kamu bisa memilih tema gelap atau tema terang TikTok. Lewat cara aktifkan dark mode TikTok di atas, kamu juga dapat menyinkronkan ke tampilan dan pengaturan kecerahan perangkat.

Apapun tema yang dipilih, tidak ada perubahan saat menggulir video di halaman ‘Untuk Anda’. Sebaliknya, berkat cara aktifkan dark mode TikTok, mode terang dan gelap menjadi jelas ketika kamu menavigasi ke bagian lain. [SN/HBS]

Leave a Comment