Begini Cara Aktifkan Dark Mode di Aplikasi Facebook

Dark Mode Facebook

Telset.id, Jakarta – Sebentar lagi, aplikasi Facebook punya fitur Dark Mode atau mode gelap. Kabar tersebut disampaikan oleh peneliti Jane Manchun Wong lewat cuitan di Twitter.

Wong menyatakan, Facebook tengah menguji fitur mode gelap pada aplikasi versi seluler. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua orang dapat mengakses uji coba Dark Mode di Facebook versi mobile.

Facebook juga tidak mengumumkan mengenai persyaratan supaya pengguna bisa mengaksesnya.

Kalau ingin memeriksa apakah fitur itu telah diaktifkan di perangkat seluler Anda, seperti dikutip Telset dari Ubergizmo, Senin (2/11/2020), yang perlu dilakukan hanyalah membuka aplikasi Facebook.

{Baca juga: Instagram Mulai Batasi Influencer Berbayar}

Anda bisa membukanya via aplikasi iOS atau Android. Selanjutnya, buka Settings & Privacy, dan Anda akan melihat fitur Dark Mode. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.

Anda dapat pula membiarkannya berubah secara otomatis berdasarkan pengaturan sistem. Jadi, jika Anda mengaktifkan Dark Mode di smartphone melalui jadwal, aplikasi akan beralih secara otomatis.

Bagaimana kalau Anda tidak melihat fitur itu di menu smartphone? Jawabannya, Anda bukan bagian dari pengujian fitur Dark Mode di Facebook versi aplikasi. Lantas, kapan Anda bakal bisa mencoba fitur itu?

Sebaiknya tunggu beberapa saat. Apabila uji coba fitur mode gelap di Facebook versi seluler berjalan sesuai harapan, Anda pasti bisa menjajalnya. Sayang, Facebook belum memberi pernyataan soal hal tersebut.

Facebook Uji Coba Dark Mode untuk iOS

Akhir Juni lalu, Facebook kabarnya sedang menguji fitur Dark Mode atau mode gelap untuk perangkat iOS. Dark Mode membalikkan teks hitam khas di latar belakang putih ke teks putih di latar belakang hitam.

Fitur Dark Mode ini diklaim akan mencegah pengguna dari latar belakang putih-panas mengiritasi mata pada saat malam hari.

{Baca juga: Facebook Uji Coba Dark Mode untuk Perangkat iOS}

Sekadar informasi, untuk perangkat yang menggunakan layar AMOLED, Dark Mode dapat menghemat masa pakai baterai. Sebab, panel OLED membuat warna hitam dengan cara mematikan piksel di area yang sesuai.

Pengguna Facebook yang berbagi gambar terkait pemakaian mode gelap di Twitter tampaknya menggunakan beta pengembang pertama iOS 14. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here