Trik Buat Tampilan Ponsel Android Lebih Simple

Tampilan Ponsel Android

Telset.id, Jakarta – Salah satu hal yang banyak diperhatikan pengguna smartphone Android adalah tampilan penggunaan atau User Interface. Biasanya, para pengguna memilih tampilan ponsel Android lebih simple dan mudah digunakan, karena sudah terbiasa dengan interface yang ditampilkan.

Tapi sebenarnya user interface, terutama untuk ponsel Android terbaru, telah memungkinkan penggunanya untuk mengkustom sedemikian rupa agar lebih sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Nah bagi kalian yang ingin tampilan ponsel Android terlihat lebih simple dan mudah untuk digunakan, tips-tips di bawah ini mungkin bisa kalian coba.

1. Pakai tampilan menu tanpa app drawer

Agar tampilan ponsel Android lebih simple dan mudah untuk digunakan, cara yang pertama bisa dilakukan yaitu dengan mengubah akses menu dengan tanpa menggunakan App Drawer.

App Drawer biasanya menampilkan menu aplikasi tanpa memperlihatkannya di halaman depan. Gunakan mode standar untuk menampilkan seluruh aplikasi di halaman depan.

App drawer Tampilan Ponsel Android

2. Kategorikan aplikasi sejenis

Setelah menampilkan semua aplikasi di halaman depan, kok malah tambah jadi berantakan ya? Tenang, cara yang harus kamu lakukan berikutnya yaitu mengumpulkan aplikasi sesuai dengan kategorinya dalam satu folder.

Misalnya untuk aplikasi-aplikasi game, dikumpulkan dalam folder game. Lalu aplikasi chatting dan sosmed di folder Chat & Sosmed, dan seterusnya untuk kategori lainnya seperti e-commerce, Work dan lain-lain. Cara ini membuat tampilan smartphone Android lebih sederhana.

Tampilan Ponsel Android

3. Susun Aplikasi penting ke kolom paling bawah

Dari semua aplikasi di smartphone, pastinya ada aplikasi yang paling kita akses. Seperti misalnya pesan singkat WhatsApp, Browser, Telepon dan lain-lain. Letakan aplikasi-aplikasi tersebut pada bar paling bawah pada halaman home. Dengan demikian aplikasi-aplikasi tersebut akan lebih mudah untuk kita akses, dan tampilan smartphone Android lebih sederhana

Tampilan Ponsel Android

{Baca juga: Tips Aktifkan Dark Mode di Smartphone ColorOS 6}

4. Gunakan Widget untuk fungsi penting

Smartphone tentunya memiliki fitur widget untuk beberapa tools aplikasi, langsung di halaman depan. Untuk fungsi-fungsi yang penting, seperti Jam, Kalender dan lain sebagainya, anda bisa menempatknya dengan wujud widget pada halaman depan. Sehingga berbagai informasi dapat kita lihat secara langsung tanpa harus membuka aplikasi.

5. Pakai wallpaper yang mudah dilihat

Ingin terlihat lain daripada yang lain, biasanya kita pakai bermacam-macam tema dan wallpaper untuk smartphone kita. Sayangnya kadang kita membuatnya jadi berlebihan dengan tema atau wallpaper yang justru susah untuk dilihat.

{Baca juga: Cara Share Lagu Favorit dari Spotify ke Instagram Stories}

Sebaiknya pilih tema atau background wallpaper yang mudah dilihat. Karena akan jadi ribet sendiri kalau aplikasi-aplikasinya jadi susah dicari karna tema yang berlebihan.

6. Pakai fitur Gesture

Beberapa smartphone terbaru sudah menghadirkan fitur gesture sebagai pengganti navigasi. Dengan menggunakan fitur gesture, layar akan terlihat lebih bersih, karena tombol navigasi yang ada dilayar seperti back, home dan recent akan dihilangkan

Itulah cara-cara mudah untuk membuat smartphone kalian jadi lebih simple dan gampang diakses. Gimana sob, tertarik buat mencoba? Semoga bermanfaat ya! [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here