Begini Cara Samsung Bikin Galaxy S7 Kedap Air [Video]

Telset.id, Jakarta – Sejatinya fitur kedap air sudah pernah disematkan pada Galaxy S5, namun kemudian dihilangkan saat Samsung merilis Galaxy S6. Kini fitur waterproof kembali dihadirkan pada Galaxy S7 dengan kemampuan yang diklaim lebih baik.

Saat menghadirkan fitur kedap air di Galaxy S5, Samsung menggunakan teknologi lapisan kedap air di bagian luar dan menambahkan sebuah cover khusus agar port charger tidak bisa dimasuki air dan menimbulkan korsleting.

Namun ternyata cara tersebut tidak sempurna, karena cover tersebut gampang rusak dan akhirnya membuat Galaxy S5 kehilangan kemampuan kedap air, karena port charging rentan terkena air dan ponsel rusak dari dalam.

Belajar dari pengalaman itu, Samsung sepertinya sudah memperbaiki kesalahannya. Galaxy S7 juga mengantongi sertifikasi yang lebih tinggi, yakni IP68, dari sebelumnya hanya memiliki sertifikasi IP67. Namun benarkah kemampuan kedap air Galaxy S7 sudah lebih baik?

Untuk membuktikan keampuhan fitur kedap air di Galaxy S7, seorang YouTuber bernama JerryRigEverything memposting sebuah video yang mempelihatkan bagaimana dia membedah smartphone andalan Samsung tersebut.

Seperti yang Anda lihat pada tayangan video, JerryRigEverything menunjukkan bagaimana Samsung berusaha mencegah masuknya air dari sisi paling luar dengan menggunakan panel kaca Galaxy S7. Lapisan lem yang sangat lengket dan kuat nampak melumuri semua sisi di tepi panel bagian dalam perangkat.

Dan tidak seperti pada Galaxy S5, kali ini Samsung tidak memasang tutup pelindung pada port USB dan headphone. Sebagai gantinya, Galaxy S7 kini dipasangkan segel karet yang mampu melindungi sisi dalam tiap lubang konektor.

Sementara untuk melindungi bagian kisi-kisi speaker, Samsung memasang layar pelindung tepat dibaliknya, yang berfungsi untuk menangkal air yang akan masuk. Bagusnya, layar tersebut tidak menghalangi suara yang keluar ke speaker, sehingga tidak mempengaruhi kualitas audio Galaxy S7.

Namun harap diketahui, meski Samsung telah meningkatkan kemampuan kedap air pada Galaxy S7, namun raksasa elektronik asal Korea Selatan ini tidak merekomendasikan untuk membawa smartphone ini menyelam lebih dari 1,5 meter. Selain itu, pengguna juga tidak boleh merendam Galaxy S7 lebih dari 30 menit.

Hal lain yang mesti diingat, motherboard di dalam perangkat tidak dibuat anti-air. Jika air sampai masuk dan mengenai bagian utama tersebut, maka dapat dipastikan hardware-nya akan menjadi rusak.

Menariknya, Samsung menempelkan stiker di dekat setiap lubang port di Galaxy S7. Stiker tersebut akan berfungsi sebagai indikator untuk memperingati pengguna jika air sudah masuk ke dalam perangkat. Jika stiker itu menyala, maka segeralah membawa Galaxy S7 ke tempat yang kering.

Nah, sekarang kita sudah tahu bagaimana Samsung melindungi Galaxy S7 dari kemungkinan masuknya air ke dalam perangkat. Setidaknya, kalau cuma kena guyuran air hujan, smartphone cantik ini masih akan baik-baik saja.[HBS]

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here