Begini Cara Hacker Bobol ‘Activation Lock’ iPhone & iPad

Activation Lock

Telset.id, Jakarta – Salah satu perusahaan teknologi terbesar, Apple saat itu memperkenalkan fitur keamanan pada iOS 7 yang bernama Activation Lock. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengunci perangkat mereka ketika perangkat tersebut hilang atau dicuri. Fitur ini terdapat pada fungsi Find My iPhone.

Namun ternyata pada fitur tersebut terdapat lubang keamanan pada mekanisme di dalam iPhone dan iPad yang memungkinkan fitur ini bisa dimatikan. Hal ini ditemukan oleh seorang peneliti keamanan dari India bernama Hemanth Joseph yang melihat adanya dampak lubang keamanan tersebut di dalam iOS 10.1 dan juga iOS 10.1.1.

Ia menyatakan lubang keamanan tersebut memungkinkan dirinya untuk menggunakan karakter string yang cukup panjang dengan maksud untuk membingungkan sistem pada Activation Lock.

[Baca juga: Trik Hilangkan Label Aplikasi di Layar Utama pada iOS 10]

Awalnya ia menemukan lubang keamanan ini pada proses awal pengaturan pada iPad yang ia beli lewat eBay. Sekedar informasi, iPad tersebut dalam kondisi terkunci.

Nah kemudian, ketika ia diminta untuk memilih jaringan WiFi, dirinya malah memilih opsi Other Network dan kemudian mengisi nama serta keyword untuk WPA2 dengan ribuan karakter.

Selanjutnya, ia menyadari jika perangkatnya akan mengalami freeze ketika mendapatkan ribuan karakter pada proses tersebut. Setelah iPad freeze atau hang, ia segera menekan tombol Power dengan sedikit bantuan dari magnet yang ada pada Apple Smart Cover.

Dengan waktu yang tepat, maka iPad akan menyala kembali dengan langsung masuk ke layar utama.

[Baca juga: Update iOS 10.1.1 Cepat Kuras Baterai iPhone]

Meski cukup berbahaya karena setidaknya kita bisa membuka iPad atau iPhone yang terkunci, bug atau lubang keamanan tersebut kabarnya sudah diperbaiki pada pembaruan iOS di tanggal 16 November lalu. Tapi kemungkinan besar benar-benar akan sempurna pada iOS 10.2 yang hingga saat ini masih dalam versi beta. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here