Bagaimana Cara Backup Foto di Android dan PC?

Telset.id – Setiap momen penting seharusnya diabadikan lewat foto. Tapi apa jadinya bila foto tersebut hilang atau terhapus? Tentu sangat mengecewakan. Menjaga semua foto di ponsel atau PC merupakan hal yang cukup penting bila Anda merupakan orang yang sangat mementingkan tiap momen bersama keluarga, teman, atau orang spesial.

Terkadang, orang-orang selain menyimpan fotonya di memori ponsel atau PC, mereka juga menyimpannya di HDD eksternal, ataupun cloud. Di tutorial yang akan Tim Telset.id berikan, Anda akan diberikan cara-cara untuk backup foto di Android dan PC serta cara sinkronisasi foto di kedua perangkat tersebut.

Dengan Photobucket

Anda dapat dengan mudahnya backup dan sinkronisasi foto di Android dengan menggunakan aplikasi bantuan. Dalam hal ini, aplikasi tersebut akan mengunggah semua foto ke server dan Anda dapat mengaksesnya dengan ponsel manapun untuk mengembalikan foto tersebut. (jika foto tersebut hilang di ponsel).

Kami memberikan rekomendasi yaitu Photobucket. Aplikasi ini merupakan sarana yang memudahkan Anda untuk backup foto maupun video. Dengan menyediakan ruang sebesar 10GB, tentu cukup untuk menyimpan semua momen-momen penting di dalam aplikasi ini. Jika Anda butuh ruang lebih, Anda diharuskan membayarnya.

Ketika Anda menjalankan aplikasi ini, Anda diharuskan untuk melakukan sign in dengan akun Photobucket (jika belum memiliki akunnya, Anda bisa daftar) atau dengan menggunakan akun Facebook. Aplikasi ini secara otomatis akan mem-backup semua foto/video yang ada di dalam ponsel ketika Anda log in.

Ketika foto sudah terunggah, Anda dapat melihatnya di opsi Your Library. Saat Anda mengambil foto, secara otomatis Photobucket akan menyimpannya di server agar dapat diakses oleh ponsel manapun yang menggunakan akun Anda. Anda juga dapat mengembalikan foto tersebut dari Library dengan menekan tombol Sync yang ada di atas layar.

Backup-an-Android-phone (5)

Gunakan Google Photos

Tim Telset.id akan memberikan cara-cara terbaru untuk backup foto daripada hanya menyimpannya di penyimpanan eksternal ataupun DVD. Ya, cara tersebut dengan menggunakan aplikasi dari Google, yakni Google Photos. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengakses foto lewat smartphone maupun PC. Tentu yang dibutuhkan adalah akun Google dan akses internet. Google Photo sudah tersebud di Android maupun iOS.

Aplikasi ini bukan hanya sebagai bantuan untuk melakukan backup saja, namun dapat mengatur foto berdasarkan tempat, waktu maupun secara visual. Anda juga dapat mengedit foto dan membagikannya kemanapun dan siapapun.

Yang terpenting adalah, Google Photos memberikan penyimpanan tak terbatas dengan aturan hanya bisa mengunggah foto beresolusi 16 MP saja. Jika Anda ingin mengunggah foto yang beresolusi lebih tinggi, Anda dapat menggunakan penyimpanan yang ada di Google Drive yakni 15GB.

Untuk memulainya, Anda diharuskan memiliki akun Google, jika belum punya, silahkan untuk mendaftar di sini.

Ketika Anda menjalankan aplikasi ini, Anda akan melihat semua foto yang telah di backup pada halaman utama. Anda dapat mengurutkan foto tersebut berdasarkan kapan foto itu diambil lewat ikon menu yang ada di pojok kanan atas layar.

backup-photos (4)

Tekan dan tahan foto apapun dan Anda akan melihat opsi untuk membagikan atau menghaous foto. Untuk mengakses lebih banyak fitur, silahkan tekan tombol menu yang ada di sebelah kiri atas layar.

backup-photos (5)

backup-photos (1)

Di sini, Anda akan menemukan opsi Assistant. Opsi ini merupakan bantuan untuk mengorganisir foto Anda. Assistant dapat mengorganisir foto Anda dengan membuat collage, panorama, animasi, film, dll. jika Anda sama sekali tidak menyukai fitur ini, silakan slide ke kanan untuk membatalkannya.

backup-photos (2)

Pada menu utama, Anda dapat mencari album, stories, dan lainnya lewat opsi Collections. Di Setting Anda dapat mengubah pengaturan bagaimana Google Photo akan berjalan di perangkat Anda atau akun Anda.

backup-photos (3)

Google juga menyediakan Google Photo berbasis web yang sama dengan Android namun dengan sedikit perubahan. Di sini Anda akan melihat tombol Upload yang di samping kolom cari. Jika Anda tidak dapat menggunakan Google Photo versi dekstop untuk mengunggah foto, Anda dapat menggunakan ftur ini untuk mengunggah foto secara manual.

Image 001

Klik pojok kiri atas dari setiap foto untuk memilih dan membukanya. Setelah itu, Anda akan melihat opsi untuk foto tersebut yang terletak di pojok kanan atas layar. Anda dapat membagikannya, mengunduh, menghapus, atau menambahkannya ke album.

Image 002

Pada kolom cari, Anda dapat mencari foto atau album secara real-time. Bisa juga dengan menekan tombol menu yang terdapat di pojok kiri atas layar untuk mengakses pilihan kustomisasi yang mirip dengan versi di Android.

Image 003

Image 004

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here