Awas! Aplikasi Ini Curi Data Pengguna BlackBerry 10

Snap10JAKARTA – Bagi Anda pengguna perangkat BlackBerry 10 sebaiknya waspada dengan beberapa aplikasi third party di BlackBerry 10 yang disebutkan memiliki resiko tinggi terkait masalah keamanan. Apa saja aplikasi third party yang diberi ‘stabilo merah’ itu?

Menurut laporan yang dirilis hari Senin (9/2) kemarin, ditemukan sejumlah aplikasi third party dari BlackBerry 10 yang memiliki resiko pencurian data pribadi pengguna perangkat BlackBerry 10.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa aplikasi native dari Snapchat, yakni Snap2Chat dan Snap10, masuk dalam kategori berbahaya. Kedua aplikasi tersebut dilaporkan mengirimkan ratusan iklan ke jaringan perangkat mobile Smaato yang tidak terdeteksi oleh para pengguna.

Seperti dilansir CrackBerry, Selasa (10/1/2015), tak hanya mengirimkan ratusan iklan, kedua aplikasi native dari Snapchat itu juga ternyata mengumpulkan informasi-informasi yang telah disandikan ke website tersembunyi yang digunakan pihak developer, seperti misalnya data tentang nama, jenis kelamin, berikut umur pengguna.

Selain kedua aplikasi yang disebutkan tadi, aplikasi Twittly juga disebutkan memiliki resiko keamanan. Aplikasi buatan Nemory Studios ini dilaporkan menggunakan bandwith yang lebih besar daripada yang seharusnya digunakan pada aplikasinya. Hal ini mengindikasikan bahwa data pribadi pengguna diambil ke sebuah situs analitik.

Sebagai informasi, aplikasi Twittly mengumpulkan data dan analitik dari Google Tranlate. Data pribadi milik pengguna Twittly dikirimkan dalam bentuk plain text, sehingga membuatnya sangat mudah dicuri. Aplikasi ini juga diketahui mengirimkan 10 iklan per detik ke Smaato, meskipun tidak ada satupun iklan dilihat oleh pengguna.

Menanggapi laporan ini, pihak Nemory Studios, sebagai pengembang aplikasi tersebut telah membantah aplikasi buatannya mencuri data pribadi pengguna. Menurut mereka, bahwa data yang diambil hanyalah ID user saja.

Sementara itu, Snapchat telah meminta kepada pihak developer untuk menghentikan aksinya dengan menggunakan logo mereka. Snapchat juga mendesak pihak Nemory Studios untuk menjadikan Snap2Chat dan Snap 10 sebagai aplikasi berbayar.

Meski telah diminta untuk menghentikan aksinya, namun belum bisa dipastikan ketiga aplikasi ini aman. Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda pengguna BlackBerry untuk terus berhati-hati dengan ketiga aplikasi tersebut.

Sebaiknya hindari ketiga aplikasi third party yang disebutkan tadi. Kalaupun Anda sudah terlanjur mengunduh aplikasi berbahaya ini, segeralah lakukan uninstall untuk upaya pencegahan termudah yang bisa dilakukan. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here