Home HOW TO Asus ROG Perkenalkan Motherboard Berbasis X299

Asus ROG Perkenalkan Motherboard Berbasis X299

LAPORAN LANGSUNG DARI TAIWAN

Foto: Telset.id/Bayu Sadewo

Telset.id, Taipei – Asus Republic of Gamers (ROG) resmi mengumumkan sejumlah produk motherboard gaming terbarunya di ajang pameran Computer 2017 di Pusat Pameran Nangang Taipei. Jajaran motherboard yang baru diperkenalkan ini mengusung chipset Intel X299 dan soket LGA2066.

Ada beberapa tipe motherboard baru yang disiapkan Asus dari lini ROG, TUF, dan Prime yang mengandalkan chipset X299. Terdapat dua motherboard yang diperkenalkan Asus untuk ROG Series mereka, yaitu STRIX X299-E Gaming dan Rampage VI Apex. Jika melihat spesifikasinya, STRIX X299-E Gaming akan disiapkan sebagai produk ROG dengan harga yang lebih terjangkau, sementara Rampage VI Apex akan menyasar segmen yang lebih tinggi.

Foto: Telset.id/Bayu Sadewo

STRIX X299-E Gaming hadir dengan skema warna hitam dan mengunakan 8x DIMM DDR4 dan 3x PCIe 3.0 x16. Sementara Rampage VI Apex, yang merupakan motherboard Apex kedua Asus mengandalkan 4x DIMM DDR4 untuk optimasi overclocking DDR4. Motherboard ini hadir dengan 4x PCIe 3.0 x16.

Foto: Telset.id/Bayu Sadewo

Asus menghadirkan sejumlah fitur unggulan untuk lini ROG Series terbarunya ini, seperti Sonic Studio III untuk memudahkan pengguna VR dalam mengatur audio, ada juga AURA Sync dengan Addressable RGB Header, ROG M.2 Cooling, serta dukungan untuk AURA SDK.

Fitur unggulan lainnya adalah VROC, Virtual RAID on CPU, untuk memungkinkan pengguna membangun RAID 0/1/5 dengan Intel SSD PCIe. Sedangkan fitur unggulan di Rampage VI Apex, motherboard ini juga sudah mendukung DIMM.2 untuk M.2 SSD.

Foto: Telset.id/Bayu Sadewo

Untuk lini Prime series, kali ini Asus mengandalkan X299-Deluxe dan X299-A sebagai andalan di Prime Series, yang menawarkan fitur-fitur yang lebih sederhana untuk LGA2066. Sedangkan untuk TUF Series, terdapat TUF X299 Mark I dan Mark II. Prime Series sendiri akan menjadi produk yang masuk kelas terendah. Meski begitu, Asus tetap menyematkan fitur-fitur yang menarik, seperti M.2 Cooling, fitur VROC, dan LiveDash OLED.

LiveDash OLED sendiri merupakan fitur yang bisa menampilkan berbagai informasi terkait status operasional perangkat, seperti suhu, di panel OLED kecil di antara soket CPU dan slot PCIe. Dengan fitur ini, pengguna akan dapat mengatur informasi apa, atau gambar apa, yang muncul di layar itu dari aplikasi.

Foto: Telset.id/Bayu Sadewo

Sementara untuk TUF series, Asus memiliki fitur pendukung durabilitas baru, yaitu TUF VGA Holder. Sesuai namanya, VGA Holder berfungsi untuk menahan bobot graphics card yang berat. Asus mengklaim perangkat ini bisa menahan beban hingga 15 kg, yang tentunya sangat mencukupi untuk graphics card terkini. Selain itu, motherboard TUF Series juga dilengkapi dengan TUF Detective 2, yakni dongle khusus yang bisa mengirimkan informasi ke gadget, termasuk POST Code, parameter operasi, dan beberapa hal lain. Fitur yang juga tersedia dari TUF Detective 2 ini adalah melakukan remote shot down dari gadget.

Foto: Telset.id/Bayu Sadewo

Asus juga memperkenalkan fitur baru lainnya yang hadir bersama Intel X Series terbaru, seperti  VROC, Virtual RAID on CPU, yang memungkinkan RAID SSD Intel PCIe, sehingga bisa menawarkan performa yang sangat tinggi. VROC ini memungkinkan RAID 0, 1, dan 5, tetapi membutuhkan key khusus untuk mode RAID di luar RAID 0. Oleh sebab itu, di motherboard X299 ASUS terdapat header khusus untuk VROC.

Foto: Telset.id/Bayu Sadewo

Harap diketahui, untuk beberapa tipe motherboard X299 ini, Asus juga menyediakan Hyper M.2 x16 card, yang memungkinkan 4x SSD M.2 dijalankan bersama di standar PCIe 3.0 x16. Hyper M.2 x16 ini juga kompatibel dengan VROC. Namun, untuk VROC, SSD M.2 yang digunakan seluruhnya harus dari Intel. [HBS]

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version