Anak-anak Kecanduan Main TikTok? Begini Cara Mencegahnya

Kecanduan TikTok

Telset.id, Jakarta TikTok rupanya tak ingin pengguna terus-terusan TikTok-an tanpa mengenal waktu. Alhasil, media sosial yang tengah booming dan viral ini menghadirkan fitur Digital Wellbeing untuk mencegah pengguna, khususnya anak-anak kecanduan TikTok.

Mirip seperti fitur Digital Wellbeing di smartphone Android terbaru, fitur ini mencegah pengguna untuk tidak menatap layar atau aplikasi dalam waktu yang lama. So, bagaimana cara aktifkan fitur Digital Wellbeing di TikTok?

Dilansir Telset.id dari The Next Web pada Senin (24/02/2020), berikut ini cara untuk cegah kecanduan bermain TikTok menggunakan fitur Digital Wellbeing. Berikut langkah-langkahnya.

{Baca juga: Cara Merekam Video Tetap Stabil Tanpa OIS dan EIS}

  • Buka pengaturan akun TikTok dan pilih menu Digital Wellbeing. Menu tersebut memberikan dua fitur yaitu Screen Time Management dan Restricted Mode. Pilih Screen Time Management.

  • Fitur Screen Time Management memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi TikTok. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengatur batas waktu penggunaan mulai dari 30 menit hingga 2 jam.

{Baca juga: TikTok Bantu Warganet Melawan Cyber Bullying}

  • Setelah mengatur batas waktu penggunaan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan kata sandi. Fitus Screen Time Management TikTok mengharuskan pengguna untuk menyiapkan password untuk mengaktifkan kembali aplikasi setelah batas waktu habis.

Tips Kecanduan Tiktok

Selesai! Mudah kan caranya? Fitur ini sangat cocok digunakan oleh pengguna khususnya anak-anak yang sering lupa waktu ketika TikTok-an.

Satu lagi, selain fitur tadi, pada menu Digital Wellbeing juga terdapat fitur Restricted Mode. Fitur ini membuat akun dalam mode aman, sehingga pengguna hanya akan melihat konten-konten yang pantas dilihat. Selamat mencoba! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here