HOW TO

Album Duplicates iPhone Penuh? Begini Cara Hapus Pakai iOS 16

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Album Duplicates iPhone hadir di aplikasi foto iOS 16. Menariknya, ada alat khusus di iOS 16 untuk menghapus salinan foto di album secara aman.

Album Duplicates iPhone menampung foto duplikat yang mungkin tak sengaja Anda tambahkan. Berkat iOS 16, Anda bisa menemukan setiap foto duplikat di iPhone.

Sebelum mengetahu cara menghapus menggunakan alat khusus di iOS 16, Telset akan memberi tahu bagaimana melihat foto-foto duplikat di iPhone. Berikut caranya.

Cara melihat foto Duplikat di iPhone:

  • Buka Photos di iOS 16
  • Ketuk Album
  • Gulir ke bawah ke Duplicates
  • Ketuk untuk membukanya

Posisi Album Duplicates iPhone berada di bawah Utilities. Album itu ada setelah Imports, sebelum Hidden dan Recently Deleted. Masuklah dan lihat semua foto duplikat.

Ada jumlah total di bagian bawah layar, ada pula hitungan terpisah dari setiap foto duplikat. Jika ada dua gambar identik, Apple memberi keterangan sebagai 2 Duplicates.

Di sana pun menampilkan thumbnail kecil sehingga Anda dapat mengetuk untuk melihatnya. Silakan Anda melakukan pengecekan untuk melihat apakah tidak ada kesalahan.

BACA JUGA:

Apa yang harus dilakukan dengan foto duplikat Anda?

Anda bisa membiarkannya apabila perangkat memang tidak kehabisan ruang. Sebaliknya, kalau memilih untuk membuang beberapa, ketuk tombol Select  di kanan atas.

Kemudian, ketuk setiap kumpulan duplikat, pilih persis seperti Anda memilih foto apapun di album mana pun. Saat Anda memilih beberapa, baris bawah layar bakal berubah.

Perubahan menjadi Merge 2 Duplicates, Merge 5 Duplicates, dan seterusnya. Manakala Anda telah siap untuk menghapus, ketuk teks di garis bawah. Dan, duplikatnya hilang.

Cara menghilangkan semua duplikat sekaligus

  • Di album Duplicates, ketuk tombol Select
  • Ketuk tombol Select All yang muncul di kiri atas
  • Terakhir, ketuk teks Merge Duplicates di bagian bawah layar

Apa yang terjadi selanjutnya?

Kalau ragu dengan keputusan yang diambil, Anda punya waktu sekitar sebulan untuk memeriksanya.

Buka album Recently Deleted. Di bawah iOS 16, masuk dengan fitur Face ID.

Perlu beberapa saat untuk masuk ke sana. Ketika selesai, semua foto yang baru saja dihapus akan muncul. Anda punya waktu 29 hari untuk mempertimbangkan pemulihan. [SN/HBS]

 

Leave a Comment