telset

8 Tips Menghemat Pemakaian Data di Android

Telset.id – Apakah Anda pernah merasakan kuota paket data selular cepat habis? Jangan khawatir, masalah itu tidak terjadi pada diri anda sendiri melainkan banyak pengguna Android lainnya. Namun, jangan khawatir karena kami akan membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut agar kuota anda tidak habis begitu saja dan dapat digunakan untuk keperluan yang lebih penting.

  1. Atur Penggunaan Paket Data

Kebanyakan operator akan memberikan peringatan kepada penggunanya jika penggunanya telah memakai 75% dari total paket data yang dibelinya atau masa aktif dari paket data tersebut. Namun, operator tidak peduli soal paket data yang anda beli tersebut dipakai untuk apa saja. Nah, untungnya Android menyediakan tools kepada anda untuk dapat mengatur pemakaian paket data. Jadi penggunaan paket datapun menjadi lebih bijak.

Untuk menggunakan tools tersebut, buka Settings -> Data Usage, lalu buka tab Cellular dan atur penggunaan data di Set cellular data limit. Selanjutnya, atur penggunaan perbulan paket data anda, idealnya tiap bulan penggunaan paket data tersebut sama/konstan.

  1. Kendalikan Penggunaan Data pada Aplikasi background

hematdata3Aplikasi yang berjalan secara background di ponsel biasanya dapat menghabiskan paket data anda.

Untuk menghentikannya, buka Settings -> Data Usage dan atur pada Restrict app background data.

Dengan cara ini, aplikasi yang berjalan di background tidak akan menghabiskan paket data lagi, kecuali anda menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Hentikan Semua Penggunaan Data Background

hematdata4Jika benar-benar sedang berhemat khususnya untuk paket data, cobalah bantuan yang disediakan oleh Android untuk benar-benar menghentikan penggunaan paket data secara background kecuali anda memakainya.

Caranya adalah dengan membuka Settings -> Data Usage dan pilih tombol berbentuk “3 titik” di pojok kanan atas layar anda dan kemudian klik Restrict background data.

Android akan langsung menghentikan penggunaan data secara background kecuali anda menggunakan aplikasi tersebut seperti gmail, aplikasi chat, dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0