telset

7 Tips Sehat Pakai Laptop atau Komputer Sehari-hari

Telset.id, Jakarta – Kita terkadang lupa waktu ketika menggunakan laptop. Berbagai hal bisa kita lakukan di depan laptop, mulai dari bekerja, main game, mengerjakan tugas, berbisnis, dan lainnya. Makanya, Anda perlu beberapa tips sehat pakai laptop atau komputer agar tidak mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti nyeri pinggang, sakit mata, dan lainnya.

Laptop merupakan perangkat portable yang banyak digunakan di kehidupan sehari-hari. Mulai dari pelajar, mahasiswa dan karyawan, pasti menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas dan mendukung aktivitasnya.

Akan tetapi, dengan kemudahan yang ditawarkan laptop, membuat para penggunanya seolah tak bisa lepas dari perangkat ini. Mereka bahkan bisa duduk berjam-jam sambil menggunakan komputer jinjing tersebut.

{Baca juga: Review Huawei Watch GT 2: Pelatih Kebugaran Berwujud Smartwatch}

Nah, karena tim Telset.id peduli dengan kesehatan para pembaca setia, kali ini kami akan memberikan 7 tips sehat menggunakan laptop. Tips ini bisa juga Anda digunakan apabila suka beraktifitas di depan komputer.

Posisi Duduk Harus Tegak 

Tips sehat pakai laptop

Tips sehat menggunakan laptop atau komputer yang kami rekomendasikan adalah, atur posisi duduk Anda supaya tegak. Caranya, posisikan pinggang Anda secara tegak, kemudian atur ketinggian kursi sampai telapak kaki bisa menapak ke lantas. Jangan lupa, posisi lutut pun harus sejajar.

Jika kursi memiliki sandaran, maka pastikan punggung bagian atas dan bawah dapat disandarkan ke kursi dengan tingkat kemiringan 100 hingga 110 derajat ke belakang.

Terakhir, jika kursi Anda memiliki fitur pengendali sandaran maka gunakan fungsi tersebut untuk mengatur posisi duduk Anda supaya lebih nyaman.

Dekatkan Posisi Laptop

Tips sehat pakai komputer
Letakkan posisi laptop atau komputer di meja hingga berada di tengah-tengah tubuh Anda. Lalu, posisi lengan Anda disarankan membentuk 100 derajat atau menempel dengan meja.

{Baca juga: WhatsApp Web, Cara Pakai dan Trik Memaksimalkannya}

Kemudian, kami sarankan agar ketinggian meja harus sesuai, agar bahu Anda terasa rileks dan nyaman. Jangan lupa untuk mendekatkan posisi laptop atau layar komputer agar Anda bisa duduk dalam posisi tegar bersandar.

Atur Posisi Layar

Tips sehat laptop

Posisi layar harus diperhatikan ketika Anda menggunakan laptop atau komputer. Tips sehat pakai laptop atau komputer dari kami adalah, atur layarnya sampai kira-kira berada 4-5 cm di atas ketinggian mata.

Kemudian, jarak fokus paling ideal dan optimal bagi mata adalah kurang dari 50-66 cm. Jadi, cara untuk memastikan agar jarak pandang Anda nyaman dengan layar yakni minimal 1 rentangan tangan antara mata dengan layar.

Atur Pencahayaan Layar 

Tips sehat komputer

Selain posisi layar, intensitas cahaya layar juga harus diperhatikan agar membuat mata lebih aman dan nyaman. Aturlah tingkat kecerahan layar sesuai keinginan.

Jangan sampai mengaturnya terlalu terang atau gelap. Sebab, itu membuat mata Anda menjadi sedikit terganggu ketika menggunakan laptop. Disarankan juga untuk tidak menggunakan laptop di tempat dengan pencahayaan yang minim atau gelap.

Terapkan Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20

Tips sehat pakai laptop atau komputer selanjutnya adalah, “Aturan 20-20-20”. Apa itu? Jadi maksudnya, ketika Anda sudah menatap layar selama 20 menit, maka Anda harus mengalihkan pandangan sejauh 20 kaki atau 30 cm dari layar.

{Baca juga: Teknologi Baru Intel Bikin Suhu Laptop jadi Adem}

Tak usah lama-lama, Anda cukup mengalihkan pandangan selama 20 detik saja. Tujuan 20-20-20 ini adalah untuk mengurangi ketegangan mata akibat menatap layar terlalu lama.

Lakukan Peregangan Tubuh

Peregangan Tubuh

Bukan mata saja yang harus diperhatikan, tapi otot-otot tubuh Anda juga. Lakukanlah peregangan tubuh apabila Anda sudah terlalu lama duduk di depan laptop atau komputer.

Cobalah untuk berjalan selama beberapa menit, berdiri dan melakukan peregangan. Durasi peregangan selama 1-2 menit setiap 20 sampai 30 menit Anda duduk.

Jika memungkinkan, Anda bisa berdiri dan berjalan sedikit setiap 30 menit. Usahakan untuk menjauhi laptop atau komputer selama istirahat makan siang.

Gunakan Kacamata Anti Radiasi 

Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang dirancang untuk melindungi mata ketika Anda menatap layar laptop. Kacamata tersebut dilengkapi dengan lensa anti reflektif yang mampu mengurangi pantulan sinar dari layar.

{Baca juga: Cahaya Biru Layar Ponsel Bisa Akibatkan Kebutaan}

enggunaan kacamata anti radiasi dimungkinkan karena sinar biru yang dikeluarkan layar dapat menyebabkan mata kelelahan, serta mengganggu kemampuan fokus mata pada layar.

Siapkan Obat Tetes Mata

Obat Tetes Mata

Last but not least, gunakan obat tetes mata ketika mata mulai terasa perih. Obat tetes mata bisa membantu Anda untuk mengurangi perih di mata.

Namun, kami menyarankan kepada Anda untuk tetap membaca aturan pakai. Asalkan tidak dipakai secara berlebihan, pada umumnya semua obat mata mampu meringankan gejala mata letih, kering, dan perih.

Jadi mungkin selalu menyiapkan tetes mata di tas akan membantu Anda menghadapi hari-hari panjang di depan laptop atau komputer. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0