6 Cara Mudah Menghindari Akun Instagram Kena Hack!

menghindari instagram kena hack
Cara Menghindari Instagram agar Tidak Kena Hack

Telset.id, Jakarta – Pastinya sering mendengar kasus akun Instagram yang di-hack oleh orang tak bertanggung jawab bukan? Siapapun tentu tidak ingin kejadian serupa menimpanya. Karena itu, mengetahui cara menghindari akun Instagram kena hack sangatlah penting. Bagaimana caranya?

Instagram dalam hal ini membagikan langsung cara menghindari akun kena hack, sebagai langkah pencegahan bagi para penggunanya. Dengan menerapkan cara ini diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan menjadi korban peretasan.

Peretasan yang kerap terjadi adalah pemilik tidak bisa mengakses akun Instagram miliknya. Bahkan, ada beberapa hacker yang sengaja meminta tebusan kepada pengguna agar akunnya dikembalikan.

{Baca Juga: Jangan Panik! Begini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hack}

Cara Menghindari Akun Instagram Kena Hack

Pastinya Anda akan sangat bingung dan sebal jika akun Instagram Anda kena hack dan tidak bisa diakses. Guna mencegah kejadian tersebut menimpa kita, yuk disimak kiat menghindari agar akun Instagram tidak mudah kena hack.

Aktifkan Otentikasi Dua Langkah (Two-factor Authentication)

menghindari instagram kena hack
Otentikasi Dua Langkah Instagram

Fitur otentikasi dua langkah sudah banyak digunakan di berbagai platform, tak terkecuali dengan Instagram. Untuk membuat akun Anda lebih aman, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

Fitur ini menawarkan keamanan tambahan dan meskipun seseorang mengetahui password akun Anda, orang tersebut tetap tidak bisa masuk ke akun begitu saja.

{Baca Juga: Cara Hapus Akun Instagram Sementara atau Permanen, Mudah Gak Ribet}

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda sebagai pemilik sah akun akan mendapatkan kode yang dikirim melalui SMS untuk keperluan login. Instagram akan meminta fitur ini setiap kali ada aktivitas login baru di akun Anda.

Untuk itu, diimbau bagi para pengguna agar tidak mengirimkan atau memberitahu kode otentikasi kepada orang lain, bahkan yang mengaku dari pihak Instagram.

Pilih Kata Sandi atau Password yang Kuat

menghindari instagram kena hack
Buat Password yang Kuat

Hindari menggunakan kata sandi atau password yang mudah ditebak. Misalnya, nama lengkap Anda, tanggal lahir, dan beragam kemungkinan password yang bisa dengan mudah ditebak oleh orang lain.

Disarankan untuk menggunakan password minimal enam huruf, dan jangan lupa kombinasikan dengan huruf besar dan kecil, angka, atau tanda baca. Ini akan memberikan perlindungan ekstra ke akun Instagram Anda.

Cabut Akses ke Aplikasi Pihak Ketiga

Instagram
Cabut Akses Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk login Instagram, disarankan untuk mencabut akses akun Anda ke aplikasi pihak ketiga tersebut.

Pasalnya, aplikasi pihak ketiga yang tidak terpercaya dapat dengan mudah mengambil dan mengungkap informasi login dari akun Instagram Anda. Bukan tidak mungkin informasi penting ini disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab.

Jangan Bagikan Kata Sandi Kepada Orang Lain

Jangan Berikan Password ke Orang Lain

Untuk menghindari akses Instagram oleh orang yang tidak diinginkan, disarankan agar tidak membagikan kata sandi atau password Instagram Anda ke orang lain.

Jika Anda ingin membagikan kata sandi ke orang lain, pastikan orang tersebut merupakan orang terdekat Anda, seperti misalnya keluarga atau pasangan.

Jangan Percaya pada Pihak yang Mengaku Instagram Menghubungi dari Direct Message

Direct Message Instagram
Direct Message Instagram

Ada kasus dimana terdapat pihak yang mengaku dari Instagram dan menghubungi melalui Direct Message. Perlu diingat bahwa pihak Instagram tidak pernah berkomunikasi dengan penggunanya melalui Direct Message.

{Baca Juga: 12 Cara Jitu Tambah Followers Instagram, Cepat dan Gratis!}

Jika ada pihak yang mengaku perwakilan Instagram dan menghubungi Anda melalui Direct Message, dapat dipastikan bahwa itu merupakan upaya penipuan.

Hubungi Instagram Jika Anda Merasa Sudah Diretas

Instagram hacked
Instagram Di-hack

Apabila Anda merasa bahwa akun Anda telah diretas, tetap tenang dan jangan tergesa-gesa. Ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung menuju ke https://help.instagram.com/149494825257596.

Nah, itu dia tadi 6 cara agar akun Instagram Anda tidak mudah kena hack. Semoga bermanfaat dan membuat Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada akun Instagram Anda. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here