Jangan Panik! Begini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hack

Cara Hack Instagram

Telset.id – Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer saat ini. Namun, makin populernya medsos tersebut membuat Instagram juga menjadi sasaran utama para peretas yang melakukan berbagai cara untuk hack akun para pengguna.

Tak jarang peretas mengambil alih akun pengguna untuk kepentingan pribadi mereka. Mulai dari orang biasa, artis, hingga selebgram yang memiliki banyak sekali followers tak luput dari incaran para hacker.

Kebanyakan orang pasti akan bingung dan panik ketika akun Instagram mereka dihack. Tapi tenang saja, apabila Anda jadi salah satu korbannya, tim Telset akan kasih tau cara mengembalikan akun Instagram yang kena hack.

Berikut ini kami akan memberikan tips berupa cara mengembalikan akun Instagram yang dihack. Simak baik-baik tips ini dan jangan panik dulu ya!

{Baca juga: Cara Mudah Download Gambar dan Video di Instagram}

Cara yang Sering Dipakai untuk Hack Akun Instagram

Cara Hack Instagram
Foto: Medium

Sebelum membagikan cara mengembalikan akun Instagram yang dihack, kami pun akan memberikan edukasi terkait cara hack akun yang sering dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab.

Kami berharap, informasi yang kami berikan membuat Anda semakin waspada atas keamanan akun-akun media sosial, termasuk Instagram.

Disclaimer:

Pembahasan yang kami berikan bukan untuk mengajari bagaimana cara hack Instagram pengguna lain, tapi hanya sebagai edukasi agar Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi.

1. Menebak Password

Pada umumnya, pengguna tak mau ribet ketika mengatur password akun Instagram mereka. Sebagian besar dari mereka biasanya memakai tipe password pasaran yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, urutan angka, urutan huruf, nomor telepon, sampai nama orang tua atau kekasih.

Alasan inilah yang membuat peretasan passwrd menjadi cara hack Instagram yang sering digunakan. Peretas akan terus mencoba memasukkan kombinasi password sampai akhirnya berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Untuk melawan metode ini, pastikan Anda mengatur ulang password dan jangan menggunakan kombinasi kata sandi yang mudah ditebak.

Selain itu, jangan pernah membuat satu password yang sama untuk banyak akun yang Anda gunakan di internet ataupun media sosial.

{Baca juga: Jangan Ditiru! Ini Password Paling Banyak Dipakai}

2. Aplikasi Auto Likes dan Auto Followers

Siapa sih yang tidak mau mempunyai jumlah likes dan followers yang banyak? Semua orang pasti menginginkannya.

Namun, alih-alih rutin mengunggah konten berkualitas untuk mendulang jumlah likes dan followers, ada pengguna yang mengambil jalan pintas dengan memakai aplikasi auto likes dan auto followers.

Aplikasi tersebut banyak tersedia di smartphone Android. Namun sayangnya, aplikasi jenis ini banyak disalahgunakan sebagai alat bagi para hacker dan menjadi cara hack Instagram yang marak digunakan.

Jadi, sebaiknya Anda jangan langsung tergiur dengan aplikasi auto likes dan auto followers. Jangan sampai akun Instagram Anda dibobol hacker karena kelalaian seperti ini.

3. Phishing

Metode phishing masih menjadi cara favorit para peretas untuk hack akun Instagram pengguna dengan mudah. Selain melalui aplikasi, metode ini juga dapat dilakukan melalui pesan berhadiah atau email penawaran menarik.

Biasanya, para hacker akan mengirimkan tautan tertentu pada pesan ataupun email kepada seseorang yang mereka targetkan. Jika korban mengakses tautan itu dan memasukkan informasi akun Instagram mereka, otomatis peretas akan mengambil alih akunnya dengan mudah.

Jadi, jangan langsung percaya ketika Anda mendapatkan pesan atau email berisi hadiah dan penawaran menarik ya!

Cara Mengembalikan Instagram yang Dihack

Cara mengembalikan Akun Instagram Dihack

Anda dapat mencoba mengembalikan akun Instagram yang dihack melalui situs resmi yang diakses via PC atau laptop. Berikut caranya:

  • Buka situs Pusat Bantuan Instagram terlebih dahulu. Situs ini memiliki berbagai informasi dan solusi yang terkait dengan akun pengguna.
  • Kemudian, pilih Pusat Privasi dan Keselamatan. Selanjutnya, tekan tombol Melaporkan Sesuatu.

mengembalikan hack instagram

  • Dengan menekan tombol ini, Anda bisa melaporkan berbagai masalah kepada pihak Instagram, termasuk saat akun diambil alih oleh peretas.
  • Sekarang tekan pilihan Akun yang Dibajak. Opsi ini akan membantu dan menjelaskan cara mengembalikan akun Instagram yang sudah dihack.

mengembalikan hack instagram2

  • Selanjutnya, klik Sepertinya akun Instagram saya diretas. Scroll ke bagian bawah, dan ada tiga opsi yang disediakan oleh Instagram.
  • Kami sarankan untuk memilih opsi pertama, yaitu mengganti password melalui permintaan reset kata sandi yang dikirim via email yang terhubung ke Instagram.
  • Klik tombol Email reset kata sandi. Lalu, masukkan email yang telah terhubung dengan akun Instagram Anda yang dihack.

  • Jika sudah, Instagram secara otomatis akan mengirimkan email kepada Anda.
  • Sekarang, ubah password Anda dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, bahkan simbol, agar akun Instagram lebih aman dari serangan hacker.

{Baca Juga: Cara Hapus Akun Instagram Sementara atau Permanen, Mudah Gak Ribet}

Cara Mencegah Akun Instagram Dihack

Cara mengembalikan Akun Instagram Dihack

Ada beberapa hal sederhana dan mudah dilakukan untuk mencegah akun Instagram Anda dihack oleh orang tak bertanggung jawab. Ada dua cara yang akan kami bagikan untuk mengamankan akun Instagram Anda.

Pertama, menggunakan password yang unik dan punya tingkat keamanan tinggi. Password yang aman mengandung huruf besar dan kecil, angka, dan simbol unik.

Kami sarankan memanfaatkan aplikasi password manager untuk membuat password super sulit dan mencatatnya dalam aplikasi dengan keamanan berlapis.

Tim Telset sendiri sudah merangkum 5 aplikasi password manager terbaik yang bisa Anda gunakan. Berikut artikelnya {5 Aplikasi Password Manager Terbaik 2020, dan Cara Menggunakannya}

Cara kedua, mengaktifkan fitur Autektikasi Dua Faktor atau Two Factor Authentication. Anda bisa mengaktifkannya dengan masuk ke Profile > Settings > Security > Two Factor Authentication.

mencegah hack instagram

Nah, itu dia informasi berupa cara mengambil alih akun Instagram yang dihack, metode yang biasanya digunakan oleh para hacker, sampai cara untuk mencegah hacker mengambil aluh akun Anda. Semoga bermanfaat ya, sob! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here