5 Cara Hapus ‘Jejak’ Anda dari Internet

Telset.id, Jakarta – Informasi pribadi sekarang mudah untuk didapatkan di internet, termasuk informasi pribadi Anda. Memang ada untung dan ruginya informasi Anda tersebar di Internet.

Keuntungannya adalah jika Anda melamar pekerjaan, maka calon perusahaan dapat melihat informasi Anda, riwayat pendidikan, dan lainnya untuk memastikan tidak terkena masalah. Namun ruginya adalah, informasi Anda bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, jika Anda memang ingin menghapus data diri Anda di Internet untuk meminimalkan jejak online, Tim Telset.id akan memberikan tippsnya untuk Anda. Namun sebagai catatan, jika kita menghapus informasi tersebut dari Internet, maka kemungkinan akan mempengaruhi kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan calon perusahaan (jika ingin melamar).

1. Hapus atau Matikan Akun Sosial, Belanja, dan Layanan Apapun

Ingat kembali jejaring sosial apa saja yang dipakai atau situs belanja mana yang menyimpan informasi anda. Jika ingin mulai menghapusnya atau mematikannya, masuk ke pengaturan akun tersebut dan pilih opsi untuk mematikan, menghapus atau menutup akun tersebut.

Setiap jejaring sosial atau situs berbelanja memiliki pengaturan yang berbeda, dan jika anda tidak tahu caranya, buka Google dan cari “How to delete (nama jejaring sosial atau situs)”. Namun jika beberapa alasan anda tidak bisa menghapus akun tersebut, ganti informasi diri anda menjadi sedikit “palsu” atau berbeda.

2. Hapus Data Diri dari Situs Pengumpulan Data

Terdapat perusahaan yang “kerjanya” mengumpulkan informasi diri anda. Mereka disebut dengan broker data dan mereka memiliki nama seperti Spokeo, Crunchbase, PeopleFinder, dan banyak lagi. Perusahaan ini mengumpulkan data dari semua hal yang anda lakukan secara online dan kemudian menjual data tersebut untuk beberapa kebutuhan seperti kebutuhan untuk beriklan.

Untuk menghapusnya, kita bisa mencari sendiri situs tersebut kemudian mencari apakah nama kita ada pada situs tersebut atau tidak. Jika ada, minta situs tersebut untuk menghapus data diri anda. Namun beberapa situs memiliki prosedur yang ribet seperti harus mengisi dokumen fisik dan mengirimnya lewat faks.

screen-shot-2014-12-22-at-1-09-48-pm

Ada cara mudah untuk menghapusnya yaitu dengan menggunakan layanan seperti DeleteMe dari Abine.com. Dengan membayar $130 pertahun, layanan ini akan terus memeriksa apakah nama anda ada pada situs-situs yang anda tambahkan sebelumnya atau tidak, jika ada maka layanan ini akan menghapusnya.

3. Hapus Langsung dari Website

Pertama, cek perusahaan dari ponsel atau provider untuk memastikan bahwa anda tidak terdaftar secara online dan dapat menghapus data tersebut jika ada. Namun jika anda ingin menghapus sebuah postingan lama dari sebuah forum atau blog, anda harus menghubungi webmaster dari situs tersebut secara individual. Anda dapat melihat di bagian About atau Contacts (jika ada) pada situs tersebut untuk menghubungi webmaster atau menggunakan situs www.whois.com untuk mencari nama domain yang ingin dihubungi.

4. Hapus Hasil dari Search Engine yang Berisi Informasi Anda

screen-shot-2014-12-22-at-1-11-27-pm

Search engine seperti Google, Bing, dan Yahoo yang memiliki “kemampuan” untuk menghapus URL yang spesifik dengan menggunakan URL removal tool. Sebagai contoh, jika seseorang memposting informasi yang sensitif seperti nomor telepon, akun bank dan webmaster tidak ingin menghapusnya, anda dapat menggunakan fitur ini.

5. Hapus Akun Email

Terakhir adalah dengan menghapus atau menutup akun email anda. Caranya adalah temukan pengaturan yang memang untuk menghapus atau menutup akun anda. Terakhir, meskipun anda sangat ingin menghapus diri anda dari itnernet, ingatlah satu hal bahwa anda tidak bisa menyelesaikannya dalam satu hari, dan meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin, ada kemungkinan data anda masih “hadir” di internet.

SourceCNET

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -