3 Cara Ampuh Perbaiki Error “Windows Bajakan”

Telset.id – Layar hitam yang muncul pada Windows dibarengi dengan pesan error “This copy of Windows is not genuine” merupakan hal yang sangat mengganggu. Apalagi pesan tersebut mengisyaratkan kepada kita bahwa OS yang kita gunakan tidak asli. Hal tersebut memang merupakan kabar buruk bagi pengguna Windows.

Memang, meskipun pesan ini muncul, kita masih bisa menggunakan PC seperti biasa. Namun ada banyak alasan untuk memperbaiki error ini karena jika tidak segera diselesaikan, akan membuat kita jengkel dan tentunya menurunkan tingkat produktivitas kita.

Pesan ini juga akan menurunkan kinerja dari PC, salah satunya dan yang terburuk adalah kita tidak bisa mengubah latar belakang dekstop. Yang ada pada dekstop hanyalah layar hitam dengan pesan kesalahan pada pojok bawah kanan layar.

Dan parahnya lagi, Windows akan secara otomatis menolak akses ke beberapa fitur sampai Anda memperbaiki kesalahan ini atau menggantinya dengan Windows yang asli.

Karena itulah Tim Telset.id akan memberitahu cara mengatasi Windows bajakan. Bukan hanya satu cara, tapi tiga cara sekaligus yang bisa anda gunakan. Simak baik-baik ya!

{Baca Juga: Cara Download dan Install VirtualBox di Windows 10}

Cara 1: Gunakan Command Prompt

Berikut ini cara mengatasi Windows bajakan dengan Command Prompt:

  1. Buka command prompt (cmd) dengan cara membuka start menu dan cari cmd. Klik kanan pada command prompt dan tekan Run as administrator.
  2. Setelah terbuka, ketikkan SLMGR –REARM. Perlu diingat bahwa diantara huruf R dan simbil strip, terdapat spasi. Jadi kode tidak akan berjalan jika anda salah menulisnya.
    windows+is+not+genuine+fix
  3. Halaman baru akan muncul untuk mengkonfirmasikan perubahan pada komputer yang aktif jika komputer direstart terlebih dahulu. Klik tombol OK.

Error saat Menggunakan Command Prompt

Kemungkinan besar, cara pertama ini bisa membuat permasalahan hilang. Namun jika cara ini ternyata gagal menyelesaikan masalah, mungkin anda akan mendapatkan beberapa error seperti:

  1. The maximum allowed number of reams has been exceeded

Untuk memperbaikinya, anda diharuskan membuka Registry Editor.

  • Tekan tombol Windows + R dan ketik exe.
  • Setelah halaman registry editor terbuka, buka HKEY_LOCAL_MACHINE > Software > Microsoft > WindowsNT > Current version > SoftwareProtectionPlatform.
  • Cari data SkipRearm. Ganti nilainya (values) dari 0 menjadi 1.
  • Restart komputer dan ulangi cara 1 sekali lagi.

{Baca Juga: Record Screen atau Merekam Layar di PC Windows dengan Powerpoint}

  1. ‘SLMGR’ is not recognized as an internal or external command

Kemungkinan pertama munculnya error ini adalah kesalahan pengetikkan kode SLMGR –REARM. Error ini juga bisa muncul jika command prompt tidak dijalankan sebagai administrator.

Kemungkinan lainnya adalah adanya kesalahan pada data slmgr.vbs. untuk memperbaiki error ini, buka My Computer dan pilih local disk C. Buka folder Windows dan cari folder system32.

Nah di dalam folder tersebut, cari data slmgr.vbs.REMOVEWAT dan ganti nama datanya menjadi slmgr.vbs. Jika tidak menemukannya, cari data yang berekstensi slmgr.vbs.

Cara 2: Menggunakan RSOP (Resultant Set of Policy)

Cara kedua untuk mengatasi Windows bajakan adalah dengan menggunakan RSOP (Resultant Set of Policy). Berikut langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan msc dan klik OK atau tekan tombol Enter.
  2. Ketika RSOP sudah terbuka, buka Windows Settings > Security Settings > System Services.

    this copy of windows is not genuine
    this copy of windows is not genuine
  3. Pada folder System Services, cari data Plug and Play. Klik kanan pada data tersebut dan buka properties kemudian pada startup, centang Automatic.
  4. Buka Run kembali dan ketikkan gpupdate /force dan tekan tombol Enter.
  5. Restart komputer, dan error tidak akan muncul kembali.

{Baca Juga: Begini Cara Gunakan Emoji di Windows PC}

Cara 3: Uninstalling Update KB971033

Error “This copy of Windows is not genuine” bisa terpicu karena update yang terdeteksi oleh OS Windows. Untuk menghilangkan error ini, anda diharuskan untukuninstall update tersebut.

Cara mengatasi Windows bajakan ini akan sukses jika anda melihat update KB971033 pada installed update. Untuk uninstall update tersebut caranya adalah:

  1. Buka Control Panel
  2. Buka System and Security
  3. Klik Windows Updates
  4. Lihat update yang telah terinstall
  5. Cari update KB971033 dan uninstall update tersebut
  6. Restart PC

{Baca Juga: Cara Mudah Mematikan Firewall di Windows 10}

Error “This copy of Windows is not genuine” adalah error yang membuat anda sangat terganggu karena layar komputer serta beberapa fitur tidak akan berjalan maksimal. Anda diharuskan memperbaiki error tersebut secepatnya.

Sebenarnya error tersebut adalah upaya Windows untuk membasmi peredaran OS mereka yang palsu. Jadi selalu pastikan untuk membeli OS atau produk Microsoft yang asli dan juga resmi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Begitulah cara mengatasi windows bajakan yang telah dirangkum Tim Telset.id. Selamat mencoba!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0