Home HOW TO 15 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan dengan USB OTG

15 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan dengan USB OTG

Telset.id – USB OTG (On-The-Go) sering digunakan untuk mengakses file di flashdisk ke ponsel. Tapi sebenarnya banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan USB OTG, selain mengakses file.

USB OTG adalah perangkat yang memungkinkan pengguna ponsel untuk membaca data tanpa memerlukan PC atau laptop. Perangkat ini praktis karena berukuran kecil.

USB OTG memungkinkan smartphone atau tablet dapat membaca Flash Disk, melakukan pengaturan data,edit, atau transfer data.

Sekarang ini, kebanyakan smartphone khususnya Android, sudah mendukung fitur USB OTG. Tapi sebenarnya selain “fungsi utamanya” tersebut, ada banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan perangkat ini.

Nah, buat yang belum tahu, seperti biasa, tim Telset akan memberikan info tentang kegunaan lain dari USB OTG di Android. Check this out!

1. Menghubungkan Keyboard USB dengan Android

Kegunaan USB OTG yang pertama adalah Anda dapat menghubungkan Keyboard USB dengan ponsel. Tentu dengan melakukan hal ini, kita seperti menggunakan komputer versi mini yang bisa melakukan hal apapun layaknya komputer biasanya.

{Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Membuat Bootable USB Windows 10}

2. Menggunakan Mouse

Ingin mengontrol smartphone tanpa menggunakan jari seperti biasanya? Gunakanlah mouse. Caranya? Sama saja dengan saat menghubungkan Keyboard USB ke Android. Rasakan sensasinya saat menggunakan mouse di smartphone kesayangan untuk bermain game atau yang lainnya.

3. Kontrol DSLR

Mengontrol DSLR dengan ponsel menjadi hal yang mungkin dilakukan dengan bantuan USB OTG. Caranya relatif sederhana. Anda hanya memerlukan sambungakn kabel USB on the go, kabel USB bawaan kamera, dan install aplikasi qDslrDashboard App (gratis) di smartphone atau tablet Android.

Setelah itu, Anda hanya perlu menyambungkan kamera dengan smartphone atau tablet. Tanpa perlu melakukan konfigurasi yang ribet. Lebih jelasnya, Anda bisa melihat video berikut ini.

4. Main Games Pakai Joystik

Bermain game dengan pencet-pencet layar sudah tidak jaman, maksimalkan USB OTG dan Joystik USB Anda untuk memainkan game di Android. Cocok untuk bermain FIFA 16 atau Real Racing. Tapi untuk melakukannya, Anda perlu melakukan beberapa konfigurasi. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Langkah 1 : Install Tincore Keymapper

Tincore Keymapper bisa di download secara gratis di Google Play. Untuk bisa memaksimalkannya, Anda perlu sedikit melakukan konfigurasi dan menyesuaikan dengan kontroller game tertentu. Misal untuk FIA 2016 datau Real Racing.

Langkah 2: Sambungkan Smartphone ke Controller

Jika Anda  menggunakan gamepad yang didedikasikan khusus untuk Android seperti POWER A MOGA atau Gametel controller, Anda hanya perlu menyambungkannya ke perangkat Android. Tapi jika Anda ingin menggunakan Playstation atau Xbox Controller, Anda perlu melakukan beberapa konfigurasi.

Playstation

Untuk menyambungkan kontrol Playstation, Anda perlu me-root smartphone atau tablet, lalu membeli aplikasi Sixaxis Controller kembangan Dancing Pixel Studios. Aplikasi tersebut bisa menyambungkan stik PS3 dan PS4 hanya dengan menyambungkan smartphone ke stik melalui kabel OTG ataupun secara wireless.

Xbox Controllers

Jika Anda menggunakan stik Xbox 360 yang berkabel, Anda hanya perlu menyabungkannya saja. Tapi jika Anda ingin menggunakan stik Xbox 360 wireless, Anda perlu melakukan setting menggunakan aplikasi Microsoft Xbox 360 Wireless Controller Receiver. Aplikasi tersebut juga memerlukan smartphone ataupun tablet yang sudah di root.

Langkah 3: Membuat Keymaps

Jika gamepad controller sudah tersambung, langkah selanjutnya adalah membuat spesific keymap untuk game-game tertentu. Karena keymap untuk FIFA 2016 tentu akan berbeda dengan Real Racing dan seterusnya.

Lagkah 4: Simpan dan Apply Keymaps yang sudah dibuat

Ketika Anda telah menyesuaikan masing-masing tombol dengan kontrol game tertentu, Anda hanya perlu menyimpan settingan tersebut. Done! Anda kini bisa memainkan game di smartphone menggunakan stik Playstation, Xbox, ataupun gamepad lainnya.

{Baca Juga: USB Tak Terbaca? Ini 7 Trik Memperbaikinya}

5. Internetan Pakai Kabel LAN

Memangnya hanya PC atau Laptop saja yang bisa gunakan kabel LAN untuk internetan? Yup, hanya dengan bermodalkan hub USB LAN dan kabel USB OTG, Anda bisa menggunakan koneksi LAN untuk mengakses internet. Caranya pun relatif sederhana, hanya plug and play.

6. Print Langsung dari Smartphone

Terkadang kita sering membaca atau mengetik dokumen di smartphone kita. Tapi jika ingin mencetaknya di printer, apakah bisa langsung menggunakan smartphone? Tentu bisa dengan menggunakan USB OTG. Kami sarankan untuk segera mencobanya.

7. Pindahkan Data dari Flash Disk

Sekarang dengan USB OTG, smartphone bisa menerima atau mengirimkan file dari Flash Disk. Jadi saat kita tidak membawa laptop untuk meminta data dari teman, gunakanlah USB OTG untuk menyalin data tersebut ke smartphone.

{Baca Juga: Cabut USB di Windows 10 Gak Perlu “Safely Remove Hardware”}

8. Hubungkan Dua Android untuk Pengisian Baterai

Ya, kita dapat menghubungkan dua ponsel Android untuk saling melakukan pengisian baterai. Yang dibutuhkan adalah kabel data dan tentunya kabel USB OTG. Sekarang cobalah hubungkan kedua smartphone tersebut.

Ponsel dengan daya baterai yang lebih rendah, akan memulai pengisian. Pengisian akan terus berlanjut sampai kedua smartphone memiliki daya baterai yang sama.

9. Pasang Modem ke Android

Selain dapat memakai LAN dengan bantuan USB OTG, smartphone Android kita juga dapat menggunakan modem USB untuk internetan. Sekarang smartphone sudah memudahkan segalanya untuk kita dengan fitur-fitur yang sangat berguna ini.

10. Pasang HDD Eksternal

Selain dapat melihat atau memindahkan data dari dan ke Flash DIsk, kita juga dapat melakukan hal tersebut ke HDD eksternal. Makin menarik kan? Cukup plug and play.

11. Hubungkan Midi Keyboard

Bermain musik di smartphone dengan menggunakan alat yang sungguhan dapat terealisasi dengan USB OTG. Contohnya seperti video di bawah ini:

12. Menggunakan Mic

Fungsi kabel USB OTG selanjutnya adalah untuk menghubungkan smartphone dengan mic. Dengan ini, Anda bisa merekam suara dengan lebih jernih!

Baca Juga: 3 Penyebab Smartphone Tak Terdeteksi oleh PC

13. Dinginkan “Suasana” Menggunakan USB Fan

Suasana terlalu panas di dalam ruangan, namun alat yang ada hanya USB Fan? Kita bisa memaksimalkannya dengan menghubungkan USB Fan tersebut ke smartphone agar kipas pun dapat “mendinginkan” ruangan Anda.

14. Selfie Keren dengan USB Selfie Flash

Kurang pencahayaan saat melakukan selfie? Kita bisa menggunakan USB Selfie Flash untuk menerangkannya, hanya sambungkan saja alat tersebut ke smartphone kita. Menarik bukan?

15. External WiFi Card Reader

Berikutnya, buat Anda yang mempunyai WiFi berbasis kartu di dalamnya, Anda bisa menggunakan USB OTG sebagai pengganti laptop atau PC. Jadi, Andatidak perlu repot  menggunakan PC atau laptop lagi.

Itulah berbagai kegunaan USB OTG yang mungkin jarang diketahui. Ternyata banyak juga yang kegunaannya. Nah, sekarang Anda bisa langsung mencobanya. [HBS]

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version