Wow! Komputer Terbaru Raspberry Pi Hanya Rp 70.000

PI ZeroJAKARTA – Raspberry Pi kembali hadir dengan papan komputasi teranyarnya yang dapat diprogram. Diberi nama Raspberry Pi Zero, papan komputasi ini dibanderol dengan harga USD5 atau setara Rp70.000. Wow…

Dari segi ukuran, Zero memang terbilang kecil, namun tidak berarti kemampuannya menangani banyak pekerjaan juga akan sama kecilnya. Dengan aplikasi prosesor Broadcom BCM2835 (1GHz ARM11 core) yang dibawanya, RAM 512MB, slot kartu microSD, soket mini-HDMI yang mendukung 1080p (pada 60fps), soket micro-USB dan tata letak pin yang identik dengan saudara Pi-nya yang lebih besar, Zero dapat melakukan banyak hal berat. Ukurannya yang hanya 65mm x 30mm juga membuatnya tak lebih besar dari kartu kredit dan memiliki chip yang 40 persen lebih cepat dari Pi pertama.

Sementara Zero tidak akan cocok dengan rekan-rekannya dalam dukungan komputasi, pembuatnya mengatakan bahwa itu masih bisa menjalankan Raspbian, sebuah versi Linux yang telah dioptimalkan untuk Raspberry Pi, dan aplikasi seperti Scratch, Minecraft dan Sonic Pi. Demikian dilansir dari Engadget, Jumat (27/11).

Tidak ada standar USB atau port ethernet di sini, sehingga Anda akan perlu membeli USB hub untuk menghubungkan perangkat dan jaringan. Jika Anda sudah memiliki papan Raspberry Pi, Raspberry Pi Foundation menyarankan agar Anda menyetel kartu microSD Anda pada papan itu dulu dan kemudian ke Zero.

Raspberry Pi Zero sudah dijual di Inggris dan Amerika Serikat. Banyak outlet mem-bundling kartu microSD dan adaptor dengan port MiniHDMI dan microUSB untuk memungkinkan penggunaan kabel standar dan perangkat, dengan harga sedikit lebih mahal.

Sampai saat ini, Raspberry Pi Foundation tidak memiliki papan dengan harga sangat terjangkau yang menghadirkan spesifikasi kompetitif. Sebaliknya, yayasan telah mengandalkan komunitas pengguna yang sangat besar, didukung oleh jutaan pengguna yang berkontribusi dalam keterampilan mengembangkan perangkat lunak, menghasilkan proyek Pi asli, dan membantu mendidik orang lain tentang cara menggunakan papan tersebut. Dengan penjualan 250.000 papan Pi per bulan, penambahan Pi Zero ke line up Raspberry Pi Foundation dijamin akan semakin meningkatkan popularitas yayasan. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here