Gizmo

Masuk Pasar Komputer, Xiaomi Siap Luncurkan PC Desktop

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Tidak puas hanya di pasar ponsel, Xiaomi bersiap masuk ke pasar komputer dengan menyiapkan PC desktop Xiaomi. Ada beberapa desain yang tengah dipersiapkan oleh raksasa teknologi China itu.

kabarnya, PC desktop Xiaomi ini seharusnya termasuk perangkat yang diperkenalkan Xiaomi pada acara peluncuran produk pada 1 Desember 2022 lalu.

Namun, acara peluncuran beberapa produk baru Xiaomi harus ditunda lantaran mantan Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, Jiang Zemin, meninggal dunia.

BACA JUGA:

Telset kutip dari GSM Arena, Minggu (4/12/2022), Xiaomi tampaknya bersiap untuk memasuki ceruk teknologi lain, yakni komputer atau desktop berbasis Windows.

Selama ini, orang-orang mengenal Xiaomi sebagai produsen ponsel cerdas. Beberapa orang mungkin mengetahui portofolio perusahaan sebagai produsen laptop.

Nah, dalam waktu dekat, Xiaomi dikabarkan akan menahbiskan diri sebagai produsen PC desktop. Kini, beberapa PC desktop Xiaomi sedang dalam pengerjaan.

Menurut informasi, terdapat dua desain yang termasuk item yang dijadwalkan untuk diresmikan Xiaomi pada acara peluncuran akbar 1 Desember 2022 kemarin.

Ketika orang-orang menunggu tanggal baru peluncuran produk, tampaknya dua desain PC Xiaomi masih dipamerkan untuk dipilih orang-orang sedikit lebih awal.

Desain pertama adalah Xiaomi Host Mini PC yang terlihat seperti desain small form factor atau SFF. Perangkat tersebut ditampilkan dalam keadaan barebone.

Dengan kata lain, sistem dalam gambar hanya memasang PSU 100W XM22AL5X. Tetapi, sepertinya mustahil Xiaomi akan menjualnya sebagai kit barebone.

Kemungkinan besar dan yang paling masuk akal, perangkat keras lain yang ada di dalam kotak belum diumumkan oleh perusahaan teknologi asal China tersebut.

Berdasarkan foto-foto yang telah beredar, terlihat dukungan untuk low-profile, half-height, hingga dual slot dedicated GPU di komponen motherboard Mini-ITX.

Entah bagaimana GPU khusus akan bekerja bersama catu daya 100W. Mungkin, unit itu bukan yang terakhir atau satu-satunya yang tersedia dalam konfigurasi.

BACA JUGA:

Casing di perangkat tersebut memiliki pelat khusus di bagian belakang dengan tambahan tombol Windows dan kombo tombol “M” yang tergambar di atasnya.

Bagian menarik lain adalah sakelar mekanis di bagian belakang Host Mini PC. Entah apa fungsinya, tetapi foto Weibo menampilkan aksesori keycap untuk tombol.

Desain berikutnya adalah PC mini seperti Mac Mini dari jenis faktor bentuk Intel NUC. Perangkat itu akan menjalankan MD Ryzen 7 6800H APU serta chip 45W.

Perangkat tersebut mempunyai GPU Radeon 680M RDNA2, memori 16GB, dan SSD 512GB. Harga perangkat Xiaomi itu dikabarkan USD 570 atau Rp 8,7 juta. [SN/HBS]

Leave a Comment